Jelang Nataru, Kaum Muda Rakas/Juli Gelar Bersih Lingkungan

Rabu, 22 Desember 2021

MANGGARAI TIMUR, PANTAUNEWS.CO.ID - Sejumlah kawula muda yang tergabung dalam komunitas 'Kaum Milenialis' dari Kampung Rakas/Juli, Desa Golo Paleng (Gopal), Kabupaten Manggarai Timur (Matim), Nusa Tenggara Timur (NTT) menggelar kegiatan bersih lingkungan menjelang Hari Raya Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru 2021/2022).

Kegiatan yang diselenggarakan pada Minggu, 19 Desember 2021 itu menyasar di sejumlah titik lokasi diantaranya, pembersihan lingkungan di sekeliling kampung, pembersihan jalan dari Kampung Rakas  menuju Kampung Juli dan sebaliknya, serta melakukan kegiatan pembersihan di sekitar lokasi sumber mata air dari kedua kampung tersebut yakni di Wejang.

Selain kegiatan bersih lingkungan, para Milenialis di Desa Golo Paleng itu juga melakukan pembuatan kandang Natal bersama yang terletak di gerbang dan di tengah kedua kampung tersebut.

Afri dan Fons, sebagai kordinator pada kegiatan tersebut, kepada wartawan media ini mengatakan, ide awal kegiatan tersebut lahir dari sejumlah diskusi santai dari kaum muda  di desa itu. Hingga pada akhirnya gagasan itu terealisasi dalam kegiatan bakti sosial dan pembuatan pohon natal bersama.

"Ide ini diawali dengan sebuah diskusi santai di antara kami sesama anak muda. Kemudian kami wujudkan ide tersebut ke dalam kegiatan bersih lingkungan dan pembuatan kandang natal bersama di tengah kampung, baik di Rakas maupun di Juli," ungkap kedua toko muda di Desa Golo Paleng itu saat dihubungi media ini melalui telepon, Rabu (22/12/2021).

Motivasi para kaum muda di Desa Golo Paleng pada kegiatan tersebut, jelas Afri, adalah untuk terus menjaga dan meningkatkan kebersihan lingkungan khususnya di Kampung Rakas/Juli. Karena menurut dia, lingkungan merupakan unsur terpenting dalam menopang siklus kehidupan umat manusia di planet bumi ini.

"Hal ini kami lakukan, dalam rangka meningkatkan kebiasaan warga untuk menjaga kebersihan lingkungan. Karena lingkungan merupakan penyanggah utama  dalam kehidupan kita setiap hari di bumi ini," katanya dengan nada penuh semangat.

Selain itu, lanjut Afri, kegiatan bersih lingkungan ini bertujuan, supaya seluruh warga kampung bisa terhindar dari berbagai jenis wabah/penyakit yang akan menyerang tubuh kita. Kalau lingkungan sehat, kata dia, maka masyarakat pun akan sehat.

"Kegiatan ini kami lakukan agar terhindar dari penyakit, lebih khusus yang lagi kita hadapi sekarang adalah virus corona. Lingkungan sehat, pasti masyarakat juga sehat," terang Afri.

Dia pun berharap agar toko muda dan seluruh lapisan masyarakat bisa berperan aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan ke depannya. Termasuk jangan membuang sampah sembarangan yang mengakibatkan lingkungan kita akan tercemar.

"Harapan kami ke depannya adalah para kaum muda dan masyarakat pada umumnya dapat berpartisipasi menjaga kebersihan lingkungan sekitar mulai dari hal terkecil yaitu jangan membuang sampah sembarangan," tandasnya.

Hendrikus Abur, salah satu toko masyarakat Kampung Rakas, kepada awak media ini mengungkapkan, dirinya sangat mendukung dan mengapresiasi atas kekompakan dan kerja sama yang baik para milenialis Rakas/Juli, Desa Golo Paleng itu.

"Saya sangat apresiasi atas kerja sama dan kekompakan yang begitu solid kaum milenial Gopal tahun ini. Jujur ini betul-betul menunjukan kerja sama yang baik," tulis politisi muda Hanura Matim itu via pesan WA, Rabu (22/12/2021).

Dia menambahkan, rasa kekompakan dan keja sama yang  ditumbuh-kembangkan dalam diri kaum muda di Desa Golo Paleng tentu sudah selaras dengan slogan kebersamaan orang Manggarai yakni 'kope oles, todo kongkol' (persatuan dan kesatuan, red). 

"Apa yang telah dilakukan kaum milenial Gopal sudah sesuai dengan slogan Kebersamaan kita orang Manggarai yakni 'kope oles, todo kongkol'," kata alumnus Universitas Wijaya Putra Surabaya itu.

Lebih lanjut, praktisi pariwisata senior itu berharap, agar rasa kebersamaan dan kekompakan dari para Milenialis Desa Golo Paleng akan tetap dipertahankan. Semoga ke depannya, kata dia, akan muncul ide-ide kreatif dan daya inovasi lain yang dapat membawa manfaat bagi seluruh warga Desa Golo Paleng terutama di Kampung Rakas/Juli.

"Berharap kebersamaan ini tetap terjalin dan akan muncul gagasan kreatif lain serta daya inovasi baru pada diri para milenialis. Kaum muda Gopal juga harus menjadi garda terdepan untuk mengedukasi dan memberi contoh terbaik bagi masyarakat di Desa Golo Paleng," tutup pria empat anak itu. (Richard Bon)