Ketua Forikan Tanjabar Hj Fadhillah Sadat Buka Sosialisasi Gemar Makan Ikan

Selasa, 21 Desember 2021

TANJUNG JABUNG BARAT, PANTAUNEWS.CO.ID - Bunda Paud Kabupaten Tanjung Jabung Barat Hj Fadhillah Sadat selaku Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) menghadiri sekaligus membuka secara resmi Sosialisasi Gemar Makan Ikan oleh Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Tanjung Jabung Barat dalam rangka pelaksanaan program nasional Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (GEMARIKAN), Selasa (21/12/2021).

Kegiatan yang diselenggarakan di SDN 039, Desa Tungkal ini turut dihadiri oleh Ketua Pokja Bunda Paud Kepala Dinas Pendidikan/ mewakili Camat Tungkal Ilir, Kepala Desa Tungkal I, Siswa SDN 39 dan undangan lainnya.

Dalam arahannya, Ketua Forikan Tanjung Jabung Barat mengajak masyarakat memiliki semangat yang sama dalam menyelesaikan permasalahan di Tanjab Barat,khususnya terkait stunting yang di sebabkan oleh kekurangan gizi.

Menurutnya jika stunting tidak di tangani secara serius,maka kan sangat berdampak buruk perkembangan tumbuh anak."Olehkarena itu tugas kita sebagai Pemerintah Daerah termasuk Guru dan orang tua di rumah harus saling membantu dalam meningkatkan perkembangan dan perbaikan gizi pada anak - anak di Kabupaten Tanjung Jabung Barat dengan salah satu caranya yaitu mengkosumsi ikan agar menjadi tubuh anak-anak kita sehatdan cerdas"ajakannya.

"Untuk orang tua di rumah agar terus masak ikan karena banyak mengandung gizi seperti protein, omega dan vitamin yang untuk masa pertumbuhan anak - anak seperti pertumbuhan Otak,Gizi dan mata, tidàk hanya di goreng ikan bisa juga di olah menjadi bakso dan nuget agar anak tidak bosan dan juga di barengi dengan makan sayur sayuran."  tambahnya.

Fadhillah Sadat juga sampaikan bahwa,selain bermanfaat untuk perkembangan dan perbaikan gizi pada anak,ikan juga bermanfaat untuk orang dewasa,ibu hamil dan lansia.

Dicontohkan  dengan mengkosumsi ikan,dapat mencegah atau mengurangi resiko terkena penyakit jantung karena kandungan gizinya yang banyak,selain itu,untuk ibu hamil protien sangat di butuhkan terutama dalam masa pertumbuhan serta perkembangan janin dan ikan mengandung protien tersebut.

"Kepada orang tua,khususnya Guru,setiap ada pertemuan komite dengan wali murid berilah arahan dengan pengetahuan menfaat dari makan ikan yaitu bisa mencegah stunting,dan untuk camat,kepala Desa dan Dinas terkait untuk memberi masukan kepada masyarakat dan terus bersinergi mengencarkan mengkonsumsi makan ikan agar anak anak menjadi sehat, kuat dan cerdas sehingga untuk kedepannya sumber daya manusia kita menjadi tinggi dan berkualitas," tutupnya. (Syahrial)