MCI Kota Tangerang Telusuri Cagar Budaya Perahu Peh Tjon

Sabtu, 11 Desember 2021

TANGERANG, PANTAUNEWS.CO.ID - Perahu Peh Tjon yang sampai saat ini tersimpan di Koet Goan Bio Kel. Sukajadi Kecamatan Karawaci merupakan  salah satu  cagar budaya di Kota Tangerang yang mana di dalamnya tersimpan cerita atau  unsur-unsur sejarah yang cukup unik dan  menarik.

Hal tersebut di sampaikan oleh Dodo, Humas DPC Media Center Indonesia ( MCI ) Kota Tangerang  di saat mendatangi lokasi penyimpanan Perahu Peh Tjon bersama Pengurus DPC MCI  lainnya.

" Sebagian Masyarakat Kota Tangerang mungkin sudah  banyak mendengar    tentang  perayaan Peh Tjon yang selalu  ramai di adakan setiap setiap tahunnya.

Namun bila kita telusuri lebih jauh  ternyata Peh Tjon   Merupakan salah satu Cagar Budaya  yang mana di dalamnya tersimpan nilai- nilai  sejarah yang cukup unik dan menarik.

" Perahu Peh Tjon Merupakan Bagian Dari Cagar Budaya yang harus  di rawat atau  jaga  sehingga keberadaanya terlestarikan sebagai salah satu peninggalan bersejarah yang ada di kota Tangerang " Tutur Dodo.
 
 Tito Sudrajat  Kabid OKK yang juga ikut dalam penelusuran tersebut  menyampaikan bahwa DPC MCI Kota Tangerang akan menelusuri semua Cagar Budaya di Kota Tangerang  dengan tujuan agar masyarakat luas mengenal lebih dekat  Cagar Budaya yang ada di kota Tangerang.

"Bila Cagar Budaya yang ada di kota Tangerang di Fublikas secara Konsisten dan terkonsep dengan baik maka tidak menutup kemungkinan suatu ketika  akan menjadi salah satu kunjungan wisata baik Domestik maupun turis asing

Bila itu tercipta maka tentu akan memberikan dampak yang sangat dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat dan sekitarnya 

Atas dasar itulah maka Pemerintah Daerah Kota Tangerang Berkewajiban Memperhatikan serta harus  peduli terhadap mereka yang di dalamnya turut serta memelihara kelestarian Cagar Budaya tersebut "  Kata Tito Jumat (20/12/2021)

Joni Liem Sebagai  generasi ke empat dari keluarga Liem Pemilik Perahu Peh Tjon secara terbuka  menerangkan dengan jelas dan  panjang lebar  kepada awak media sejarah awal mulanya Perahu di temukan 

Jon Liem pun menerangkan bahwa sebelum Pandemi setiap tahunnya selalu diadakan perayaan Peh Tjon yang selalu ramai dikunjungi oleh masyarakat di dalam maupun di luar Kota Tangerang.

' Setiap Tahunya biasanya Kami selalu mengadakan perayaan Peh Tjon dan kami sangat sangat bersyukur ternyata antusias masyarakat mengunjungi atau menyaksikan perayaan Peh Tjon sangatlah tinggi..

Yang datang ingin menyaksikan perayaan Peh Tjon tidak hanya masyarakat Kota Tangerang diluar Kota Tangerang pun banyak yang datang ingin menyaksikan secara langsung perayaan Peh Tjon " ungkap Jon Liem saat di wawancari langsung oleh awak media Jumat ( 10/12/2021)

Disaat di tanya terkait kepedulian pemerintah daerah terhadap Cagar Budaya Perahu Peh Tjon Jon Liem Menjawab bahwa  memang pernah  ada kunjungan dari  unsur Birokrasi Pemerintah Daerah Kota Tangerang namun sampai saat ini belum pernah ada realisasi bantuan secara khusus untuk biaya pemeliharaan untuk menjaga dan merawat Perahu Peh Tjon yang sudah masuk sebagai salah satu  Cagar Budaya di Kota Tangerang.

Lebih lanjut Jon Liem berharap agar Pemerintah Daerah Kota Tangerang Terpanggil memberikan Bantuan untuk Biaya pemeliharaan Cagar Budaya Perahu Peh Tjon

" Saya sangat berharap, kiranya pemerintah Daerah Kota terpanggil untuk membantu biaya pemeliharaan Cagar Budaya Perahu Peh Tjon " tutup Jon Liem. (Asep/ Royani)