Saat Asnawi Dimarahi Ayahnya, Gegara Penalti Singapura yang Gagal

Senin, 27 Desember 2021

MAKASAR, PANTAUNEWS.CO.ID - Asnawi Mangkualam jadi viral karena dinilai meledek Faris Ramli kala gagal penalti. Jangan seperti itu lagi ya Asnawi, sang ayah, Bahar Muharram tidak suka. Indonesia kalahkan Singapura 4-2 di semifinal leg kedua Piala AFF, pada Sabtu (25/12) malam WIB. Hasil itu, membuat agregat 5-3 untuk Skuad Garuda dan berhak melangkah ke babak final.

Final Piala AFF, Indonesia akan menghadapi Thailand dalam dua leg. Leg pertama pada Rabu (29/12) dan leg kedua pada Sabtu (1/1/2022) yang sama-sama digelar pukul 19.30 WIB.

Di laga Indonesia vs Singapura leg kedua, ada satu momen yang mencuri perhatian. Ketika kapten Indonesia, Asnawi Mangkualam dinilai meledek penyerang Singapura, Faris Ramli kala gagal penalti!

Saat sepakan Faris ditepis Nadeo Argawinata, Asnawi menghampiri Faris. Dia terlihat berkata sesuatu dan langsung dilerai pemain Singapura lainnya.

Ayah Asnawi, Bahar Muharram mengungkapkan kejadian tersebut. Dirinya mengaku, langsung menelfon Asnawi untuk mempertanyakan hal itu!

"Saya sempat menelpon setelah pertandingan, ada momen yang saya tidak suka dan saya marahi dia, yaitu saat pemain Singapura gagal penalti, mengapa dia melakukan hal itu," ujarnya membuka cerita di Lapangan Latih PSM Makassar, Senin (27/12/21).

"Kata dia, pertama itu tidak sewajarnya penalti. Kemudian penaltinya gagal, dia bilang terima kasih," lanjutnya.

Bahar Muharram tampak tidak suka akan tindakan Asnawi Mangkualam. Baginya, itu adalah tindakan mengejek lawan!

"Saya bilang, kau tidak bisa melakukan hal itu. Kalau menurut kamu tidak masalah, bagi orang lain bisa jadi masalah," tegasnya.

"Itu seperti mengejek, tidak lillahi ta'ala. Walau dia bilang tidak ada maksud mengejek, tapi saya tidak mau dia melakukan hal seperti itu lagi," tambahnya.

Aksi Asnawi Mangkualam yang viral itu tidak luput dari perhatian Shin Tae-yong. Pelatih Timnas Indonesia itu memberi peringatan keras!

"Saya tidak tahu ada aksi itu saat masih di stadion, tapi saya terkejut setelah melihat video tayangan ulang," kata Shin Tae-yong, dikutip dari media Korea, Joongang.

"Setelah makan siang, saya menegur Asnawi dan mengatakan, 'jika itu terjadi lagi selama saya masih menjadi pelatih, jangan pernah berharap datang ke timnas'," ujarnya.

Shin Tae-yong adalah sosok yang sangat menjunjung tinggi sikap fair play. Ia sendiri sempat bersitegang dengan bench Singapura karena kecewa pemain lawan merayakan gol di depan bench Timnas Indonesia.

Ia juga tak banyak protes saat Timnas Indonesia dirugikan wasit karena tak menghadiahi penalti buat timnya pada semifinal leg pertama. Pelatih asal Korea lebih memilih menghargai keputusan wasit.

Dengan nilai yang dianutnya itu, ia pun sangat kecewa melihat aksi Asnawi Mangkualam. Pemain Ansan Greeners diminta untuk tak mengulangi lagi tindakan itu di kesempatan selanjutnya.

"Semua pemain di lapangan adalah rekan kerja, betapa hancur perasaannya setelah gagal mencetak gol penalti. Sesuatu yang tidak diterima juga buat pemain merayakan gol di depan bench lawan," ucap Shin Tae-yong.

"Asnawi sudah berjanji ke saya untuk tak melakukannya lagi," kata dia lagi.

Terlepas dari aksinya yang bikin heboh itu, Asnawi Mangkualam sejatinya adalah andalan Indonesia di Piala AFF kali ini.

Asnawi Mangkualam menempati pos bek sayap kanan Indonesia. Di ajang Piala AFF 2020, peran Asnawi tidak tergantikan.

Asnawi terus bermain sebagai starter di enam laga dan bermain penuh, cuma satu kali diganti. Satu gol dan satu assist dikemasnya.

Empat laga terakhir, ban kapten melingkar di lengannya. Dirinya dipercaya menjadi pengganti Evan Dimas, untuk jadi pemimpin Skuad Garuda di lapangan. (*)