Akibat Hujan Semalam Suntuk, 4 Desa di Inhu Terendam

Senin, 10 Januari 2022

Salah satu rumah warga di Kecamatan Kelayang terendam banjir bandang, Senin (10/1) dini hari hingga petang.

INHU, PANTAUNEWS.CO.ID - Akibat intensitas hujan cukup tinggi sejak Ahad (9/1) malam hingga Senin (10/1) pagi membuat sejumlah wilayah di Kabupaten Inhu, Riau terendam banjir.

Banjir yang menenggelamkan 4 desa, yakni Desa Pelangko, Desa Simpang Kota Medan, Desa Sungai Kuning Benio dan Desa Tanjung Beludu, Kecamatan Kelayang mencapai 1 hingga 2 meter.

Disebutkan, banjir tersebut diakibatkan meluapnya tiga sungai diwilayah desa tersebut hingga warga terdampak banjir dievakuasi ketempat aman.

Data sementara tercatat 280 KK warga Desa Sungai Kuning Benio terdampak banjir tapi yang bersedia dievakuasi hanya 20 KK. Selebihnya sibuk menyelamatkan harta benda.
Akibat dari banjir kategori banjir bandang itu banyak warga tidak sempat menyelamatkan harta bendanya. Karena air tiba-tiba datang sekutar pukul 01.00 dini hari disaat warga sedang tertidur lelap.

Selain merendam pemukiman warga, banjir juga menenggelamkan sejumlah fasilitas umum di empat desa tersebut, seperti sekolah dan mesjid.

Kadas Sungai Kuning Benio, Jonaris kepada wartawan, Senin (10/1) siang menjelaskan banjir tahunan kali ini terjadi sungguh luar biasa, hingga mencapai ketinggian 2 meter.

"Seperti yang terlihat dihalaman rumah saya ini air mengalir cukup deras dan menenggelamkan sejumlah rumah warga sekitar. Jika rumah saya bukan rumah panggung mungkin sudah tenggelam," kata dia.

Kata Jonaris lagi, untuk sementara warga saya hanya bisa menyelematkan harta benda mereka seadanya saja, hanya yang bisa diangkut dengan cara dipanggul. Sedangkan Pemkab Inhu belum turun kesini.

Jonaris berharap tim tanggap darurat Pemkab Inhu segera turun untuk membantu warganya yang terdampak. (nto)