Baitul Mal Aceh Melalui ACT Cabang Subulussalam Hadiahkan Sepeda Motor untuk Iskandar

Jumat, 14 Januari 2022

SUBULUSSALAM, PANTAUNEWS.CO.ID - ACT Cabang Subulussalam bekerjasama dengan Baitul Mal Aceh hadiahkan sepeda motor untuk Iskandar dan keluarga dalam program Zakat Family Development (ZFD), Rabu (12/1).

Sambil meneteskan air mata, Iskandar dan putrinya mengucapkan terimakasih dan bersyukur kepada Baitul Mal Aceh serta ACT.

"Allahu Akbar, Alhamdulillah. Terimakasih banyak untuk semuanya telah membantu keluarga kami. Saya tidak tahu mau ucapkan apa. Mungkin doa, mudah rezeki untuk Baitul Mal Aceh dan ACT juga orang yang ikut membantu kami." Ucap Iskandar sambil mengusap-usap matanya.

Iskandar yang bekerja sebagai buruh di perkebunan sawit milik orang saat ini berusia 49 tahun dan memiliki 6 orang anak tinggal di desa Buluh Dori, Kecamatan Simpang Kiri, Kota Subulussalam.

Mereka hidup dirumah tak layak huni yang berbentuk panggung dengan dinding terpal plastik dan atap yang bocor. Kalau hujan deras bisa dipastikan tempat mereka kebanjiran ketinggian mencapai 60-100 meter. Pernah suatu ketika anak-anaknya tidak bisa sekolah karena tidak bisa turun akibat banjir. Salah seorang anak kembarnya alami patah tangan karena jatuh dari tangga rumah lantaran sudah reot. Mereka telah tinggal di sana lebih dari 1 tahun. 

Tidak berhenti disitu yang sangat mengkhawatirkan apabila ada angin kencang. Rumah mereka ikut bergoyang karena hanya ditopang dengan kayu-kayu seadanya. Beberapa kali dapur mereka roboh. Iskandar bersama keluarga hanya pasrah kalau dimalam hari angin berhembus kencang. Selain itu, rumah hunian mereka juga tidak sampai aliran listirk, mereka menggunakan mesin lampu genset untuk penerangan rumahnya di malam hari. 

Baitul Mal Aceh melalui ACT Cabang Subulussalam telah melakukan kunjungan untuk melihat dan menyalurkna bantuan zakat keluarga dari segi ekonomi, pendidikan, modal usaha dan biaya kebutuhan lainnya. Salah satu bentuk bantuan tersebut adalah sepeda motor untuk menunjang pekerjaan Iskandar dan mengantar anak ke sekolah serta menjadi transportasi anak pertamanya, Sofi, pergi bekerja.

Selain itu, dana tersebut juga digunakan untuk membeli smartphone guna membantu proses belajar anaknya di sekolah, mengingat kondisi pandemi siswa masih harus belajar melalui online dalam mengerjakan tugas sekolah.

Kemudian ada pakaian dan perlengkapan sekolah lainnya untuk 4 anak  Iskandar yang masih sekolah. Putri kembarnya juga mendapatkan sepeda. Peralatan dan perlengkapan bayi juga Baitul Mal Aceh juga berikan untuk anaknya yang belum berusia 1 tahun.

Selanjutnya bantuan lain yang diterima oleh Iskandar melalui pendampingan yang dilakukan oleh Partnership ACT Subulussalam, Alkausarni, adalah mesin genset, alat semprot, perlengkapan pertanian, mesin jahit lengkap dengan bahannya serta perlengkapan dapur.

Kepala Cabang ACT Subulussalam berharap dengan adanya program ini dapat membantu masyarakat lebih luas.

"Kita berharap Program bantuan perekoniman, pendidikan dan modal usaha dari dana zakat masyarakat ini dapat mensejahterakan masyarakat dan menunjang perekoniman serta pekerjaan pak Iskandar,"

Partnership ACT Subulussalam yang menjadi pendamping penyaluran dana zakat ini mengatakan akan terus mengajak mitra lain untuk bersama-sama membantu masyarakat yang membutuhkan.

"Pertama ucapan terima kasih kami ucapkan kepada mitra Baitul Mal Aceh yang telah menyalurkan dana zakat ini melalui ACT Subulussalam. Insya Allah ke depan kita akan mengajak mitra-mitra lain untuk membersamai ACT dalam program-program kemanusiaan lainnya." Ucap Alkausarni.

Saat ini, ACT Subulussalam bersama Baitul Mal Kota Subulussalam juga sedang mengupayakan untuk merenovasi rumah keluarga Iskandar agar tidak mengkhawatirkan ketika hujan atau angin kencang.

Bantuan bisa disalurkan melalui tautan https://indonesiadermawan.id/BedahRumahIskandar atau langsung ke rekening BSI 7178886667 atas nama Aksi Cepat Tanggap dan konfirmasi ke nomor 082120206066. (Hanafi)