Dongkrak Perekonomian, Warga Gampong Padang Beurahan Bentuk Koperasi

Sabtu, 15 Januari 2022

ACEH SELATAN, PANTAUNEWS.CO.ID - Sejumlah masyarakat di wilayah Kecamatan Bakongan, Kabupaten Aceh Selatan membentuk badan usaha koperasi sebagai upaya mewujudkan pondasi perekonomian masyarakat yang lebih baik.

Badan usaha dengan nama Koperasi Sepakat ini berdiri sejak 12 Desember 2021 dan berpusat di Gampong Padang Beurahan, Kecamatan Bakongan. Selain itu, koperasi yang diketuai oleh Junianto Tumanggor dan Jalisan selaku sekretaris tersebut juga telah memiliki anggota sebanyak 28 orang.

“Semangat awal pendirian koperasi ini adalah untuk menciptakan pondasi perekonomian khususnya anggota koperasi yang pada akhirnya ikut berpatisipasi cita-cita pembangunan ekonomi dalam sekala daerah mau nasional,” kata Jalisan, Kamis (13/1/2022).

Ia menjelaskan, sebagai langkah awal Koperasi Sepakat di awal tahun buku 2022 telah melakukan kegiatan dengan membuka unit usaha Waserda Sepakat yang bergerak di bidang jual beli bahan pokok.

Waserda Sepakat tersebut memulai kegiatannya dengan menghimpun modal dari seluruh anggota yang kemudian dijadikan sebagai belanja modal pada unit usaha. Sementara pemilihan bidang jual beli bahan pokok rumah tangga dalam hal ini beras dipandang strategi karena mayoritas masyarakat di daerah tersebut tidak memiliki lahan persawahan.

“Dalam artian, hampir tidak ada masyarakat di sini yang bekerja sebagai petani padi, dengan kondisi ini sudah bisa dipastikan bahwa sebagian besar masyarakat membeli beras untuk memenuhi kebutuhan rumah tangga,” ungkap Jalisan yang turut didampingi bendahara koperasi, Bulis dan koordinator unit usaha Rudi Sukirman.

“Alasan inilah kemudian dijadikan pertimbangan strategi bisnis koperasi disamping banyak faktor-faktor lain sebagai dasar kegiatan usaha ini. Unit usaha diharapkan menjadi magnet bagi pertumbuhan koperasi sekaligus untuk pertumbuhan modal usah,” sambungnya.

Terkait keanggotaan, kata Jalisan, pihaknya tetap terbuka untuk siapa saja yang ingin bergabung dengan memenuhi syarat dan ketentuan keanggotaan yang berlaku. Bahkan pihaknya juga berencana akan mengembangkan hingga ke kecamatan lainnya di Aceh Selatan.

“Tidak tertutup kemungkinan ke depan koperasi ini bisa dibuka cabang di Kecamatan lain, namun dengan kajian tertentu. Tapi untuk saat ini karena kita baru merintis, ya kita perkuat dulu yang di Kecamatan Bakongan,” imbuh Jalisan.

Jalisan berharap, dengan kehadiran koperasi itu dapat membawa perubahan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat di wilayah sekitar khususnya bagi keanggotaan koperasi.

“Harapannya semoga kehadiran koperasi ini mendapat respon positif sekaligus mampu menjadi tonggak perekonomian masyarakat khususnya bagi anggota koperasi ini sendiri. Kita berharap juga agar pembentukan badan koperasi ini senantiasa mendapat pendampingan dan arahan instansi terkait yaitu Disperindagkop dan UKM Kabupaten Aceh Selatan," harapnya. (M.yatim)