Nyawa Terancam, Warga Minta Pemkab Manggarai Timur Perbaiki Jalan

Kamis, 27 Januari 2022

MANGGARAI TIMUR, PANTAUNEWS.CO.ID - Satu kendaraan roda empat jenis APV terperosok ke jurang saat melintasi jalan di jalur Ruteng-Benteng Jawa atau Ruteng-Colol, persisnya di lokasi sekitar Danau Rana Poja, Desa Rende Nao, Kecamatan Lamba Leda Timur, Kabupaten Manggarai Timur (Matim), NTT, Rabu (26/1/2022).

Peristiwa naas itu terjadi diduga akibat kondisi jalan di sekitar lokasi kejadian yang sudah rusak parah.

Informasi yang dihimpun media ini dari seorang warga di sekitar lokasi kejadian yang tak mau dimediakan identitasnya saat dihubungi, Rabu (26/1/2022) petang, membenarkan kejadian tersebut. 

"Betul pak, kejadiannya sekitar jam setengah sembilan tadi pagi," katanya.

Menurut dia, kemungkinan karena kondisi ruas jalan yang sudah rusak parah manjadi penyebab mobil itu terjungkal ke dalam jurang. 

"Iya pak, jalannya juga tidak bagus di situ pak," ungkap dia.

Usai mengetahui peristiwa itu, salah seorang warganet  mengunggah foto kejadian tersebut sekaligus membuat surat terbuka kepada Pemda Matim melalui akun media sosial miliknya.

Berikut isi surat terbuka dari seorang netizen yang diketahui nama akun FB-nya "Ryan Komodophoto" yang ditujukan kepada Bupati Matim dan Kadis PU anatara lain:

"1. Tunggu berapa manusia yg mati di tempat ini baru jalan di perbaiki?
2. Apakah ada rencana buka kuburan masal milik Pemda di lokasi ini pak?
3. Kalau tidak ada aspal lagi di matim,sudah cor pake semen saja pak.
4. Legowo mundur Jauh lebih jantan dari pada Pura-pura mampu 
5. Lokasi kejadian jalan lintas Mano-Benteng Jawa-Colol, tepatnya tanjakan di Rana Poja.
Area ini sudah rusak sekian lama pernah diperbaiki hanya umurnya hitungan bulan.
Nb.Kejadian pagi ini,bersyukur tidak ada korban jiwa..mobil travel dr colol
Bagikan Postingan ini teman2,agar suratnya cepat sampai kepada mereka yg memiliki wewenang," tulis pemilik akun media sosial itu seperti yang dikutip dari dinding FB-nya.

Surat terbuka itu, mendapat respons dari hampir ratusan netizen lainnya. 

"Betul e teman... tempat ini memang benar2 menguji nyali dan menatang maut bagi sopir yang lewat," komentar salah seorang netizen pada postingan tersebut yang diketahui nama FB-nya "Paskalis Arsi".

Pemilik akun FB lainnya bernama "Encyk Kokok" juga turut memberikan komentar dalam cuitan tersebut. Dirinya menanyakan, soal status jalan yang ada di lokasi kejadian itu, apakah statusnya jalan kabupaten. Kalau demikian, maka, kata dia, kita tunggu respons dari pihak terkait.

"Pertanyaan saya cuman satu. Status jalan di lokasi kejadian ini termasuk status jalan apa?  Kalaupun statusnya Jalan Kabupaten, berarti tujuan surat terbukanya tepat sasaran. Tinggal kita tunggu respon dari pihak terkait yang berwenang atas jalan itu," tulisnya. (Richard Bon)