Pemilihan Ketua RT/RW Di Cimone Jaya, Kota Tangerang Berlangsung Demokratis dan Guyub

Senin, 24 Januari 2022

TANGERANG, PANTAUNEWS.CO.ID - Pemilihan Ketua RT  dan RW di kelurahan Cimone Jaya, kecamatan Karawaci, Kota Tangerang, pada Minggu (23/1/22 ) berlangsung dengan demokratis dan guyub atau rukun, dengan total jumlah pemilih sebanyak 973 dan yang hadir menggunakan hak pilihnya sebanyak 675,  hal itu disebabkan oleh adanya warga yang sudah tidak lagi berdomisili di RW 02 dan ada juga warga yang berhalangan menghadiri pemilihan Ketua RT/RW.

Untuk pemilihan Ketua RT, yakni RT 01, 02, 03 dan  04, sedangkan untuk pemilihan Ketua RW, yakni untuk RW 02 yang diikuti oleh 2 calon, yaitu, Ali Raya dan Ahmad Bukhori.

Pemilihan Ketua RT 01 dimenangkan oleh Ono Sukiatno (78 suara), Ketua RT 02 terpilih Awang Koharudin (173 suara) sedangkan Ketua RT 03 dan RT 04 tidak ada pemilihan, dikarenakan hanya ada 1 calon Ketua RT, sehingga dipilih secara aklamasi dan meneruskan jabatannya.

Saat pelaksanaan penghitungan suara di TPS, warga RW 02 begitu antusias, ramai dan bersorak gembira, khususnya saat penghitungan suara untuk calon RW 02.

Terpilih menjadi Ketua RW 02, yakni Ali Raya, yang memperoleh 424 suara, sedangkan Ahmad Bukhori memperoleh 237 suara dan suara tidak sah sebanyak 15.

Dalam sambutannya saat dinyatakan terpilih menjadi Ketua RW 02, Ali Raya, mengatakan, " Bagi saya, tidak ada yang menang dan tidak ada yang kalah, kita semua sama disini, kita bahu membahu, rangkul merangkul, bilamana kami pengurus RT dan RW punya salah, tolong tegur kami, karena kami tidak akan bisa tanpa kalian semua, untuk itu, saya minta kepada warga RW 02, bantulah kami bila ada ide ide yang baik untuk memajukan kampung santri atau RW 02, berikan ke kami, agar kami dapat menjalankan roda pemerintahan dengan baik dan kita semua adalah saudara, tidak lupa, saya berterimakasih kepada para panitia, masyarakat, baik bapak bapak maupun ibu ibu yang telah membantu terselenggaranya kegiatan pada hari ini ", ujar Ketua RW terpilih ini.

Ditambahkan oleh Ali Raya, " bahwa di RW 02 kelurahan Cimone Jaya ini, memiliki tradisi unik, dimana saat calon Ketua RT dan RW sudah terpilih, maka dirayakan dengan penyiraman air yang sudah dicampur dengan telur, sehingga Ketua RT/RW yang terpilih, menjadi basah dan bau telur, ya ini memang sudah menjadi tradisi disini dan setelah setelah selesai pemilihan, kita semua biasa lagi dan guyub ( rukun ) kembali dan bersama sama membangun wilayah RW 02 agar lebih maju lagi dan warganya bisa lebih sejahtera ", tutur Ketua RW yang mempunyai program Shodaqoh Sampah di wilayahnya.

Sementara itu, seorang tokoh pemuda di RW 02, Ibeng, saat diminta tanggapannya terkait pemilihan Ketua RW, mengatakan, " alhamdulillah pemilihan Ketua RT dan RW berjalan dengan demokratis dan guyub ( rukun )  dan semua itu berkat kerjasama dari semua lapisan masyarakat, mulai dari sesepuh, para alim ulama, para pemuda dan pemudi, yang bisa menciptakan suasana yang demokratis dan saya bangga sampai saat ini, semua kalangan itu kompak ", tutur Ibeng.

"Saya berharap dengan adanya pemilihan ini, semua program dari pemerintah, dapat dilaksanakan kembali dengan fokus dan bisa berjalan dengan baik dengan tujuan untuk mensejahterakan warga dan dari 2  calon RW ini, saya berpesan kepada calon yang tidak terpilih, untuk bisa berbesar hati dan legowo serta bisa membantu lapisan, mulai dari RT, RW dan masyarakat RW 02 yang juga mempunyai julukan Kampung Santri, jadi di sini, apapun program programnya, harus ada persetujuan dari para ulama ", jelas Ibeng.

Pemilihan Ketua RT/RW di kelurahan Cimone Jaya ini, walaupun meriah, tapi tetap mematuhi protokol kesehatan. (Soleh/Supriyatin)