Pemkab Mabar dan BNI Gelar Perjanjian Kerja Sama

Kamis, 27 Januari 2022

MANGGARAI BARAT PANTAUNEWS.CO.ID - Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat (Pemkab Mabar), Flores, NTT menggelar kegiatan penandatangan Perjanjian Kerja Sama dengan PT Bank Negara Indonesia, Tbk. (Bank BNI) di Ruang Kerja Bupati Mabar, Selasa (25/1/2022).

Perjanjian kerja sama yang ditandatangani Bupati Mabar, Edistasius Endi bersama Pimpinan Bank BNI itu bertujuan untuk layanan perbankan, terutama terkait pembayaran pajak daerah secara nontunai.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Edi Endi mengatakan Perjanjian Kerja Sama ini, memberikan opsi kepada wajib pajak di Kabupaten Manggarai Barat untuk melakukan pembayaran pajak melalui fasilitas elektronik banking (E-banking) atau melalui kartu ATM saja.

Selain E-banking, lanjut Mantan Ketua DPRD Mabar, ada program Perjanjian Kerja Sama Elektronik channel (PKS E-channel). Program e-channel ini sekaligus untuk menjawab program yang sudah dicanangkan oleh Presiden dalam era industri 4.0.  

"Kemudahan yang disediakan antara lain melalui elektronik channel (e-channel) BNI," kata Bupati Edi.

"Dengan demikian seluruh wajib pajak dapat menjalankan kewajibannya dengan mudah dan nyaman, karena terdapat banyak pilihan pembayaran," tambah Mantan Ketua DPRD Mabar itu.

Menurut Politis NasDem itu, kerja sama ini dilakukan, selain meminimalisir kebocoran pajak, juga untuk menghindari antrean saat wajib pajak ingin membayar pajak di Bank. Sehingga dampaknya bisa meningkatkan pendapatan asli daerah.

Dirinya juga menilai bahwa pemanfaatan layanan digital di era teknologi saat ini menjadi sebuah tuntutan sehingga dapat mewujudkan transparansi dan akuntabilitas.

"Penggunaan aplikasi layanan digital menjadi tuntutan sekaligus untuk mewujudkan transparansi dan akuntabilitas," tandasnya.

Sementara itu, pemimpin wilayah PT Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk., kantor wilayah Denpasar, I Gusti Nyoman Dharma Putra mengungkapkan, dengan adanya layanan ini, masyarakat tidak harus datang ke kantor bank, tetapi bisa melakukan pembayaran pajak melalui fasilitas elektronik seperti E-Banking atau melalui kartu ATM saja .

Pihaknya juga berharap, semoga kerja sama ini  bisa terwujud dengan baik. "Semoga harapan ini bisa terwujud. Kami pasti memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk membayar pajak," pungkasnya. (Richard Bon)