KKM 49 Untirta Serang, Lakukan Praktek Kerja Budidaya Belut

Kamis, 10 Februari 2022

LEBAK, PANTAUNEWS.CO.ID - Kelompok Kerja Mahasiswa ( KKM ) 49 Untirta Serang, Banten,  melakukan praktek kerja nyata berbudi daya belut sawah di  Desa, Mekarjaya, Kecamatan Cileles, Kabupaten Lebak - Banten, yang dilaksanakan selama 1 ( satu ) bulan dan berakhir pada Rabu (9/2/2022).

Kedatangan mereka disambut baik oleh warga setempat, selain memberikan penyuluhan tentang gimana caranya memanfaatkan lahan kosong, juga agar  menjadi lahan yang menghasilkan dan menjanjikan, karena budidaya belut, selain di lahan yang luas, bisa juga dibuat di lahan yang kecil, contohnya bisa di belakang rumah dan bisa juga di sisa sisa tanah penataan di sekitaran rumah.

"Sebagai contoh,  cukup dengan lahan 1 meter x 3 meter / 1,5 meter x 3 m saja bisa menebar bibit belut sebanyak 10 kilogram bibit belut, dengan waktu yang tidak begitu lama, sekitar 3 bulan, pemilik sudah bisa panen dan insya Allah hasilnya cukup lumayan.

Selain mereka belajar, ternyata mereka bisa memberi ilmu usaha yg secara tidak sadar di tunggu oleh masyarakat pedalaman yang ukuran wawasan nya masih kurang, hingga kalau itu di laksamakan dan di jalankan oleh masyarakat setempat, maka bisa meningkatkan penghasilan dan mengurangi tingkat pengangguran dan juga bisa sedikit menekan angka kriminalisme karena  ekonomi, kalau seperti itu,  juga berarti membantu pihak penegak hukum," tutur Moch Sovy Ramadan.

"Banyak hal sih yg bisa kita kerjakan untuk menciptakan lahan penghasilan hingga bisa menekan angka pengangguran ",  pungkas  mahasiswa Untirta Banten jurusan hukum, Moch. Sovy Ramadan, yang didampingi rekan rekannya. (Soleh)