KWT Srikandi Artareja Resmi Terbentuk, Kapten Inf Putra KZ Zendrato: Titip Salam ke Pak Walikota

Rabu, 16 Februari 2022

DUMAI, PANTAUNEWS.CO.ID – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Dumai menggelar penyuluhan di Kompi Senapan A Yonif 132/BS, Selasa (16/2/2022). Kehadiran Tim DKPP Kota Dumai di Kompi Senapan A Yonif 132/BS yang dipimpin Kepala Bidang Ketahanan Pangan Neni Diani, diprakasai serta diinisiasi oleh Tokoh Masyarakat Syaiful Amri Datuk Domo.

Komandan Kompi Senapan A Yonif 132/BS Kapten Inf Putra Kurnia Firmansyah Zendrato, dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Dumai yang telah sudi hadir dan memberikan penyuluhan terkait pertanian kepada Ibu-ibu Persit Kartika Chandra Kirana.

“Saya titip salam ke Pak Walikota Haji Paisal. Semoga ini merupakan momentum yang sangat positif dan juga sinerginitas antara TNI dengan Pemerintah Kota Dumai,” ucap Danki Senapan A Yonif 132/BS Kapten Inf Putra KF Zendrato dalam sambutannya.

Ditambahkan Danki Senapan A Yonif 132/BS Kapten Inf Putra KF Zendrato, bahwa ia sangat menyambut positif dengan akan telah terbentuknya kelompok tani dibawah naungan Persit Kartika Chandra Kirana. Apalagi dalam waktu dekat seluruh personil kesatuan Kompi Senapan A Yonif 132/BS akan segera diberangkatkan ke Provinsi Papua untuk menunaikan tugas negara.

“Selain dapat meluangkan waktu untuk bercocok tanam bagi para istri istri tentara dan hal ini juga dapat meningkatkan nilai sisi ekonomis. Semoga penyuluhan ini bermanfaatkan dan menjadi waktu luang yang positif saat kami bertugas jauh menunaikan perintah negara, ” kata Kapten Inf Putra KF Zendrato.

Nama Kelompok Wanita Tani (KWT) Srikandi Antareja yang diberikan oleh Danki Senapan A Yonif 132/BS, ditambahkan Syaiful Amri Datuk Domo nantinya diharapkan juga dapat berperan sebagai motivator bagi kelompok tani lainnya. Apalagi terkait pertanian, hal ini telah menjadi program skala prioritas nasional.

“Semoga dengan kegiatan penyuluhan ini, KWT Srikandi Antareja dibawah naungan Persit Kartika Chandra Kirana dapat menjadi motivator bagi KWT lainnya,” harap Syaiful Amri Datuk Domo, inisiator penyuluhan pertanian di Kompi Senapan A Yonif 132/BS.

Sang inisitor yang juga Ketua PC Gerakan Pemuda Ka’bah (GPK) Kota Dumai, menambahkan bahwa pemberdayaan pertanian merupakan satu kesatuan usaha yang dapat dikembangkan serta bernilai ekonomis. Hal ini disebutkannya, menjadi perhatian serius dari Pemerintah Kota Dumai dibawah kepemimpinan Walikota H Paisal, SKM, MARS.

“Apalagi seperti yang disampaikan Danki tadi bahwa dalam waktu dekat akan berdinas jauh menunaikan tugas negara. Hal ini dapat membantu para ibu ibu Persit Kartina Chandra Kirana meluangkan waktu yang positif dengan adanya kelompok tani tersebu. Selanjutnya, tanamanan ini juga memperindah perkarangan sekeliling komplek perumahan,” ucap Syaiful Amri.

Selanjutnya, Kabid Ketahanan Pangan DKPP Kota Dumai Neni Diani menyampaikan penyuluhan ini bertujuan agar nantinya dapat meningkatkan serta memberikan bagaimana cara bercocok tanam yang baik. Ditambahnya, DKPP telah memiliki banyak binaan kelompok tani dan nantinya dapat salah satu upaya ketahanan pangan di Kota Dumai.

“Melalui KWT, pemerintah akan memberikan dukungan penuh mulai dari bibit hingga penyuluhan serta pendampingan. Nanti hasilnya bisa dinikmati bersama oleh keluarga besar Kompi,” papar Neni.

“Semakin banyak kelompok tani, hal ini dapat menjadi salah satu upaya ketahanan pangan di Kota Dumai,” imbuh Kabid Ketahanan Pangan DKPP Kota Dumai dihadapan ibu ibu Persit Kartika Chandra Kirana Kompi Senapan A Yonif 132/BS, di Bagan Besar Bukit Kapur.

Kegiatan penyuluhan ini juga turut dihadiri Danton Letda Inf Fadli dan Letda Inf Ranto S. Tampak juga Kasie Cadangan Pangan Syafruddin, Kasie Distribusi Ketahanan Pangan Ibasri, Kasie Konsumsi, Mutu dan Ketahanan Pangan Merianti. (*)

Penulis: Edriwan