Langkah Maju Wawako dari PPP, Samsul Bahri 'Terganjal' Syaiful Amri

Rabu, 02 Februari 2022

Foto kiri Syaiful Amri Datuk Domo bersama Ketua PW GPK Provinsi Riau, Husaimi Hamidi sebelah kanan

DUMAI, PANTAUNEWS.CO.ID – Tensi politik terkait kekosongan jabatan Wakil Walikota Dumai yang ditinggalkan almarhum Amris mulai menggeliat. Tampaknya dua partai politik pengusung yakni Partai NasDem dan PPP sama sama ngotot untuk mendudukkan kadernya.

Seperti diketahui, dari Partai NasDem sudah mengirimkan 4 kandidat ke DPP yang akan diusung untuk mendampingi Walikota Dumai H Paisal SKM MARS. Begitu juga dari PPP, seperti ynag pernah disampaikan oleh Ketua DPW PPP Provinsi Riau H Syamsurizal, beberapa media.

Terkait dengan usulan sebagai kandidat Wawako tunggal dari PPP, tampaknya H Samsul Bahri SH mendapat golden tiket untuk melenggang menjadi orang nomor dua di Kota Dumai. Namun, informasi terkait dengan munculnya nama Syaiful Amri Datuk Domo sebagai pesaing Samsul Bahri, yang juga merupakan kader PPP Kota Dumai.

Pernyataan Ketua DPW PPP Riau H Dr Syamsurizal SE MM, terkait kekosongan kursi Wawako Dumai merupakan haknya PPP, diakuinya saat dikonfirmasi awak media, Rabu (2/2/2022). Selajutnya, anggota DPR RI ini juga mengatakan, bahwa pihaknya tetap mendorong agar Paisal sebagai walikota harus memiliki wakil, sebagai penyeimbang di pemerintahan. Bahkan diakuinya telah mempersiapkan kadernya yakni Samsul Bahri, mantan Ketua DPC PPP Dumai untuk diusulkan mengisi posisi Wakil Wali Kota Dumai.

“Ini merupakan hasil keputusan Rapincab PPP Kota Dumai, kami DPW hanya melanjutkan proses usulan ini ketingkat DPP,” ungkap Syamsurizal menjelaskan.

Pantauan dilapangan, santer menghangat nama Syaiful Amril secara tegas menyatakan kesiapannya untuk melanjutkan nilai-nilai perjuangan almarhum Amris yang merupakan ninik mamak IKMR Dumai. Diketahui Syaiful Amri ini merupakan salah satu orang yang memiliki andil besar dalam kemenangan PAS (Paisal – Amris) di Pilkada 2020 lalu.

Gonjang ganjing isu pencekalan Syaiful Amri untuk maju sebagai kandidat Wawako, terus menghangat ketika pucuk pimpinan PPP juga lepas dari tangannya. Diakui, Syaiful Amri ini memiliki peluang untuk berdampingan dengan Wako Paisal, jika diusulkan namanya untuk maju menjadi Wawako dari PPP.
Syaiful Amri yang merupakan bagian dari kepengurusan Ikatan Keluarga Minang Riau (IKMR) Kota Dumai ini meminta DPC, DPW hingga DPP PPP agar bersikap arif dan tidak memaksakan kehendak terkait pengisian kursi Wakil Walikota, seperti dilansir dari Kupasberita.com.

” Almarhum bagian dari keluarga IKMR, dan menjadi tanggungjawab kami melanjutkan perjuangan beliau. InsyaAllah masyarakat Minang yang ada di Dumai siap bersinergi dengan Walikota H Paisal untuk mewujudkan Dumai Kota Idaman,” ujar Syaiful Amri Datuk Domo.

Ironisnya, munculnya sosok Syaiful Amri kepermukaan terkait bursa kandidat Wawako Dumai, Syamsurizal tidak mengetahui isu tersebut.

“Bahkan saya baru dengar jika Syaiful Amri juga ingin maju sebagai kandidat Wawako Dumai,” ucap Ketua DPW PPP Riau Syamsurizal, seraya terperangah.

Untuk melenggangkan jadi Wawako, PPP Dumai harus memiliki dukungan tambahan dari 3 kursi yang dimilikinya di DPRD saat ini. Sangat dibutuhkan dukungan serta lobi lobi politik dan tentunya Wako Paisal sangat menginginkan sosok yang akan mendampinginya ini dapat melanjutkan visi dan misinya hingga penghujung tahun 2024 mendatang.

Ditambahkan Syamsurizal, dalam politik semuanya dinamis dan ketika dikonfirmasi akannya adakah tambahan nama untuk diusulkan ke DPP, tampaknya Wakil Ketua Komisi II DPR RI ini enggan memberikan penjelasan.

Diketahui, untuk mengusulkan kandidat Wawako Dumai ini harus bersama partai koalisi yakni NasDem dan PPP. Mustahil, hanya PPP saja yang akan mengeluarkan surat rekomendasi, tanpa melibatkan Partai NasDem. Selanjutnya informasi terangkum, hubungan Syaiful Amri ini lebih 'mesra' ketimbang dengan mantan Ketua PPP Dumai Samsul Bahri. (*)

Penulis: Edriwan