Babinsa Bukit Nenas Lakukan Tracing Di Rumah Warga yang Terpapar Covid-19

Ahad, 20 Maret 2022

DUMAI, PANTAUNEWS.CO.ID - Bintara Pembina Desa (Babinsa)  Serda Roni Koramil 02/bk beserta tim dari Puskesmas mendampingi Tim Medis dari Puskesmas  Kecamatan Bukit kapur  melakukan tracing contact Covid-19 ke rumah ZR warga RT 03, Kelurahan Bukit Nenas, Minggu (20/3/2022)

Tujuan dari kegiatan ini guna melacak kontak erat atau melacak kontak dari warga yang terkonfirmasi positif Covid-19. Peran itu diemban para Babinsa dan Satgas Covid-19 tracing contact menjadi hal wajib bagi satgas penanggulangan covid-19 dalam rangka memutus mata rantai penularan virus corona.

Selama ini Babinsa dan Tim Nakes Kesehatan menjadi ujung tombak untuk melacak daftar nama yang pernah menjalin kontak erat dengan warga yang terkonfirmasi positif corona. Akan tetapi, tidak semua warga mau menjalani tes swab atau rapid antigen guna memastikan ia terkonfirmasi positif corona atau tidak.

Kegiatan pelacakan dan edukasi oleh tim medis kecamatan Bukit Kapur bersama TNI dan Polri terhadap orang-orang yang terkonfirmasi atau kontak erat dengan warga yang Positif Covid-19 terus berjalan guna memutus mata rantai virus Covid-19.

Sementara itu, Babinsa  menjelaskan, keluarga pasien Covid-19 dalam proses penelusuran statusnya masih Orang Dalam Pengawasan (ODP). 

Selanjutnya mereka Harus mematuhi isolasi mandiri dengan pengawasan tim medis dan pemerintah kelurahan setempat.

"Mari kita bersama sama memberikan semangat kepada keluarga serta berharap warga yang setatusnya masih ODP mengikuti dan protokol kesehatan,” pungkasnya. (Aan Heru Saputra)