Dandim 0320/Dumai Resmikan Kampung Pancasila Di Kelurahan Ratu Sima

Jumat, 11 Maret 2022

DUMAI, PANTAUNEWS.CO.ID - Dandim 0320/Dumai Letkol Arhanud Hermansyah Tarigan meresmikan Kampung Pancasila di Jalan Meranti Darat, Kelurahan Ratu Sima, Kecamatan Dumai Selatan, Kota Dumai, Jumat (11/03/2022).

Tampak hadir dalam persemian tersebut Kapolsek Dumai Barat Kompol Asep Rahmat, SIK dan pejabat Kecamatan Dumai Selatan diwakili oleh Jumadi dan Lurah Ratu Sima Doni Ismanto, Amd serta tokoh agama, tokoh adat, organisasi beserta masyarakat sekitar dan pemudanya.

Kampung pancasila yang digagas oleh Kodam Bukit Barisan, Kodim 0320/Dumai memilih Kelurahan Ratu Sima sebagai Kampung Pancasila karna di Kelurahan Ratu Sima terdiri beragam suku, ras, agama dan budaya serta di kelurahan ini tercipta antar umat beragama yang harmonis.

Kampung Pancasila adalah julukan atau sebutan untuk sebuah pedesaan/kelurahan yang menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam sebuah aktivitas/kegiatan sehari-hari.

Tujuan dibentuknya Kampung Pancasila adalah untuk menciptakan pembelajaran Pancasila bagi masyarakat menanamkan nilai-nilai Bhineka Tunggal Ika. Menanamkan pemahaman bahwa seluruh warga negara Indonesia wajib menerapkan sila-sila pancasila dan penghormatan serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para pemimpin bangsa yang telah berhasil menggali dan merumuskan Pancasila sebagai dasar negara.

Sebelum mengakhiri kegiatan presemian ini, Dandim 0320/Dumai menandatangani prasasti dan mengucapkan terimakasih kepada Lurah Ratu Sima beserta seluruh jajaran Babinsa dan Bhabinkamtibnas dan organisasi kepemudaan serta seluruh komponen masyarakat yang hadir. (Dodi)