Dewan Pakar NasDem Dumai: Tidak Ada Kewenangan Pengurus Daerah Menentukan Calon Kepala Daerah

Rabu, 09 Maret 2022

Drs Paruntungan Pane MM, Dewan Pakar DPP Partai NasDem Kota Dumai

DUMAI, PANTAUNEWS.CO.ID – Pernyataan dukungan Walikota Dumai H Paisal kepada H Syamsurizal untuk maju pada Pemilihan Gubernur Riau (Pilgubri), Rabu (2/3/2022) lalu, menuai konflik di internal kader Partai Nasdem.

‘Gerak laju lisan’ Walikota yang juga notabene Ketua DPD Partai NasDem Kota Dumai ini dihadapan publik dan secara terang terangan telah menyatakan dukungan kepada Ketua DPW PPP Provinsi Riau maju di Pilgubri 2024 mendatang ini menuai sorotan.

Salah satunya Dewan Pakar DPD Partai NasDem Kota Dumai Paruntungan Pane sangat menyayangkan pernyataan H Paisal yang terlalu dini dan bahkan maju terkait pembahasan dukungan di Pilkada Gubri, Rabu (9/3/2022).

“Tidak ada kewenangan kepengurusan Partai NasDem baik ditingkat kota/ kabupaten hingga provinsi dalam menentukan calon kepala kepala daerah. Semua itu wewenang DPP,” kata Paruntungan Pane, kader senior di DPD Partai NasDem Dumai menegaskan.

Paruntungan Pane yang juga merupakan salah satu Deklarator Partai NasDem Kota Dumai ini, menambahkan bahwa sebagai kader wajib mematuhi AD/RT partai. Terus siapapun yang diusung nanti DPP baik Pilpres maupun Pilkada, seluruh kader wajib mendukung.

“Kita belum tahu siapa nanti yang akan diusung dan didukung pada Pilgub 2024 mendatang oleh Partai NasDem. Intinya kita yang didaerah ini jangan terlalu dini menyatakan dukungan duluan, ” ucap Anggota DPRD Dumai 2014 – 2019 seraya menjabarkan.

Seperti dikutip Kupasberita.com, Kamis (3/3/2022), kendati masih dalam hitungan tahun, namun dinamika politik Pilgubri 2024 sudah mulai terasa. Selain kesiapan Bupati Kepulauan Meranti untuk maju sebagai bakal calon Gubri, kali ini juga terdengar dukungan kepada H Syamsurizal yang saat ini menjadi legislator di Senayan Jakarta.

Tidak tanggung-tanggung, dukungan secara terbuka itu disampaikan langsung oleh Walikota Dumai, H Paisal, SKM, MARS. Menurutnya, selama ini Dumai seperti terpinggirkan dan kurang perhatian. Termasuk dari Pemerintahan Propinsi Riau yang dinakhodai oleh H Syamsuar. Hal itu menimbulkan kekecewaan mendalam.

“ Kalau dapat 1 persen saja, itu sudah sangat membantu sekali. APBD Dumai itu kecil, bagaimana kita menggesa pembangunan. Kalau Pak Syamsurizal mau membantu kita di pusat, Pilgubri mendatang kami akan mendukung penuh,” ucap Walikota, H Paisal, SKM, MARS MARS saat acara silaturahmi anggota DPR RI, H Syamsurizal bersama pensiunan Dipenda TK I Riau di La Marena Cafe Pantai Puak Kecamatan Medang Kampai Dumai beberapa hari yang lalu, seperti yang dilansir.

Selanjutnya, Paruntungan Pane juga mempertanyakan terkait pertemuan Walikota Dumai dengan Ketua DPW PPP Riau. Dugaan adanya pembahasan terkait kekosongan kursi Wakil Walikota Dumai dengan Anggota DPR RI yang dikabarkan juga maju pada Pilgubri 2024 mendatang. Paruntungan Pane mengingatkan bahwa Partai NasDem juga memiliki hak yang sama sebagai parpol pengusung saat di Pilkada 2020 lalu.

“Sebagai kader yang baik, kita harus taat aturan serta mekanisme partai politik. Harus kita ingat, selain PPP, Partai NasDem juga miliki hak yang sama dalam pengusungan calon wawako Dumai,” tukasnya mengakhiri.

Informasi terangkum, pasca pernyataan dukungan H Paisal ke Syamsurizal pada Pilgubri 2024 mendatang, juga dikabarkan sebagian internal di DPW Partai NasDem Riau ikut ikutan ‘gerah’. Terkait pernyataan Ketua Partai NasDem Dumai ini, juga santer sudah sampai ke telingga elit elit di DPP. (*)

Penulis: Edriwan