DPC MCI Pertanyakan Sikap dan Tindakan Ombudsman Provinsi Banten

Sabtu, 19 Maret 2022

TANGERANG, PANTAUNEWS.CO.ID - Ombudsman yang  merupakan  lembaga negara, dalam menjalankan fungsinya harus bertindak cepat menindak lanjuti keluhan dan  pengaduan terkait kebijakan serta pelayanan publik para pemangku kebijakan yang  dirasakan kurang ada keberpihakan kepada masyarakat.

Hal itu disampaikan langsung oleh Asep Wawan Wibawan ketua DPC Media Center Indonesia ( MCI ) Kota Tangerang saat mendatangi kantor Ombudsman di dampingi Heru Jundana Sebagai Sekretaris 2 ,yang di respon dengan sangat baik oleh perwakilan Ombudsman, Kamis ( 17/3/2022)

Dalam kesempatan tersebut Asep yang juga tampil sebagai awak media PantauNews, mempertanyakan terkait kecepatan Ombudsman dalam menindaklanjuti Keluhan serta pengaduan masyarakat 

"Tentunya cukup banyak masyarakat yang datang  mengeluh ,mengadu atau melapor terkait kebijakan  dan pelayanan pejabat publik kepada Ombudsman 

Apakah Ombudsman bisa menindaklanjutinya pengaduan tersebut tanpa harus melalui proses yang memakan waktu lama," tanya Asep.

Adam Sutisna salah satu perwakilan Ombudsman menerangkan, bahwa dalam upaya menindaklanjuti laporan atau pengaduan ada beberapa tahapan yang harus kami tempuh

"Pertama yang harus kami sampaikan bahwa setiap laporan atau pengaduan akan kami respon, Tetapi kamipun harus tetap menjaga objektifitas atau tidak ada keberpihakan.

Artinya, kami tidak akan langsung berpihak kepada palapor 

Maksudnya, kami harus membuktikan sendiri bahwa laporan tersebut sesuai  dengan fakta yang terjadi di lapangan

Dalam menindaklanjuti pengaduan atau laporan, kami harus menempuh tahapan -tahapan sesuai  mekanisme atau prosedur yang sudah ditentukan sesuai dengan aturan " Tutur Adam. (Tim)