Jangan Remehkan Profesi Wartawan!

Sabtu, 19 Maret 2022

TANGERANG, PANTAUNEWS.CO.ID - Bila kita perhatikan di tengah - tengah kehidupan bermasyarakat, mungkin masih ada bahkan cukup banyak masyarakat yang hanya bisa  menilai dari sisi kurang baik terhadap profesi wartawan atau jurnalis

Sesungguhnya profesi wartawan merupakan salah satu profesi mulia yang sangat berpengaruh dalam upaya turut serta mendorong laju roda pembangunan bergerak kearah yang jauh lebih baik.

Masyarakat harus tersadarkan, bahwa di tengah - tengah kehidupan bermasyarakat masih cukup banyak tampil wartawan yang Profesional, yaitu Wartawan yang berani tampil di depan  mengawal , mendampingi sekaligus menyikapi perkembangan pembangunan melalui pemberitaan yang berimbang, dikemas serta disajikan dengan cara terarah. Sehingga mampu memberikan wawasan sekaligus membentuk pola fikir masyarakat melalui pemberitaan yang di  sajikan.

Hal tersebut di sampaikan oleh Asep Wawan Wibawan Ketua DPC Media Center Indonesia ( MCI ) Kota Tangerang di kediamannya Jln Untung Suropati RT 03/08 Kel Cimone Jaya Kecamatan Karawaci Kota Tangerang. Sabtu ( 19/3/2022)

Lebih lanjut Asep menyampaikan bahwa sampai saat ini masih sangat banyak Wartawan atau jurnalis yang rajin pandai, cerdas, objektif serta berani menyajikan pemberitaan yang berimbang.

Wartawan atau jurnalis seperti itulah yang patut diperhitungkan, karena gaya bahasa atau gaya tulisannya bisanya akan mampu membentuk atau mempengaruhi pola fikir masyarakat sesuai dengan apa yang ditulis dan diberitakannya baik itu di media online, media cetak maupun media elektronik.

Dengan demikian Masyarakat khususnya para pemangku kebijakan Janganlah meremehkan Profesi terhadap awak media atau para jurnalis yang terbukti rajin  serta piawai dalam membuat pemberitaan yang berimbang, yaitu  berita yang mengangkat topik dari dua sisi, sisi yang dipandang baik dan sisi yang dipandang kurang baik

Lantas Bagaimanakah dengan mereka yang mengaku wartawan tetapi tidak piawai bahkan tidak pernah membuat berita.... Namun memiliki KTA Wartawan...??

Hal itulah yang perlu kita pertanyakan, dan tentunya masyarakat pun    bisa menilai tanpa harus dijelaskan lebih lanjut.

" Untuk menilai sejauh manakah profesionalisme wartawan sangatlah sederhana, yaitu seberapa sering wartawan tersebut menulis dan membuat berita - berita yang berimbang

Kemudian bisa dilihat pula dari gaya atau karateristik tulisan dalam pemberitaannya " Tutur Asep.

Selain Ketua DPC MCI Kota Tangerang asep juga aktif di beberapa media online l, salah satunya adalah media online Pantau News.

Saat ditanya terkait kebutuhan hidup untuk keluarga sebagai seorang wartawan, Asep  menjelaskan bahwa dia aktif   di kewartawanan tujuannya bukanlah untuk memenuhi kebutuhan hidup keluarga.

"Untuk memenuhi kebutuhan hidup ,Alhamdulillah dari dulu saya beserta keluarga mengelola beberapa rumah kontrakan, Alhamdulillah cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup

Di kewartawanan saya hanya ingin menyalurkan hobi saya..Karena kebetulan saya hobi menulis dan saya sering membuat artikel

Dengan akifnya saya di media online hobi saya tersalurkan secara formal dan lebih bisa di pertanggungjawaban " Tutup Asep. (Team)