Maju di Pilgubri 2024 Mendatang, Syamsurizal Dikabarkan 'Putar Kemudi' Terkait Kekosongan Wawako Dumai

Rabu, 09 Maret 2022

Ketua DPW PPP Riau Dr H Syamsurizal, SE MM

DUMAI, PANTAUNEWS.CO.ID - Perebutan kekosongan kursi Wakil Walikota Dumai semakin hari semakin terus menghangat. Pasca ditinggalkan Almarhum Amris sejak dua bulan lebih dilantik, posisi jabatan Wawako Dumai ini menjadi ajang rebutan.

Seperti diketahui, dari dua partai politik pengusung di Pilkada Dumai 2020 lalu, diperkirakan PPP memiliki peluang besar untuk mendampingi Walikota H Paisal SKM MARS hingga sisa jabatanya 2024 mendatang ketimbang Partai NasDem.

Dari Partai NasDem, ada 4 kader yang telah diusung namanya ke tingakat DPW. Namun, sayangnya persaingan di intenal Partai NasDem Dumai tidak sesengit PPP.

Pantauan dilapangan, nama Samsul Bahri yang sebelumnya merupakan calon tunggal dari PPP Dumai, elektabilitasnya terus tergerus. Ketua PC GPK Kota Dumai Syaiful Amri Datuk Domo, tampaknya akan menjadi lawan terberat dalam bursa perebutan kursi Wawako internal PPP.

Kedatangan Ketua DPW PPP Riau Syamsurizal ke Kota Dumai baru baru ini, santer membuat peta dukungan terkait Wawako berputar 180 derajat.

Syamsurizal yang telah menyatakan maju pada Pilgubri 2024 mendatang, tampaknya tidak ingin terburu buru untuk mengusulkan nama nama calon wawako PPP ini ke pusat. Langkah strategi untuk memuluskan maju pada Pilgubri mendatang, tampaknya Syamsurizal berhati hati dalam mengambil keputusan sikap politik.

Apalagi, diketahui saat ini Walikota Dumai H Paisal sudah resmi memimpin Partai NasDem. Hal ini merupakan peluang emas memuluskan PPP untuk duduk di kursi orang nomor dua di Kota Dumai.

Selain Samsul Bahri dan Syaiful Amri Datuk Domo yang telah digadang gadangkan akan diusung ke DPP, informasi terangkum ternyata ada juga nama lain ikutan akan berlaga di Bursa Wawako Dumai dari PPP.

Sumber internal terpercaya yang tak ingin namanya dipublikasikan ini menyebutkan, bahwa selain Samsul Bahri dan Syaiful Amri Datuk Domo, ada nama lain juga akan meramaikan bursa Wawako Dumai untuk diusung ke DPP PPP.

"Ada sosok politisi perempuan dikabarkan juga akan masuk bursa wawako Dumai dari PPP," ungkap sumber tanpa menyebutkan siapa sosok yang dimaksud.

Dugaan sosok politisi perempuan yang dimaksud yakni Hj Jufrida. Diketahui, mantan Ketua Partai Hanura Dumai ini sudah resmi bergabung dengan partai berlambang Ka'bah sejak di Pilkada serentak 2020 silam.

Ketika dikonfirmasi, Jufrida yang diketahui saat ini menjabat Ketua Wanita Persatuan Pembangun Kota Dumai, underbownya PPP malahan terperanjat saat ditanyakan bahwa namanya masuk bursa Wawako.

"Biarkan angin kencang menerpa. Angin kencang tidak pasti menumbangkan pohon. Intinya petir dan kilat dapat secara tiba tiba bisa menumbangkan bahkan membumihanguskan pepohonan tersebut," ujar Hj Jufrida seraya berfilosofi via pesan WhatsApp, Selasa (8/3/2022).

Tampaknya Hj Jufrida tidak ingin memberikan komentar panjang lebar. Sebagai politisi wanita pertama yang pernah memimpin partai politik di Kota Dumai ini, Hj Jufrida ini dikenal cukup piawai.

Masuknya nama Hj Jufrida pada bursa Wawako Dumai dari PPP, tak ada kata mustahil dan apalagi diketahui hubungannya dengan H Paisal cukup terbilang baik serta harmonis.

"Biarkan saja air itu mengalir dan pastinya akan berakhir ke muara juga. Intinya, semua ini tergantung keputusan politik,"tukas Anggota DPRD Dumai dua periode berturut turut 2009-2014 dan 2014-2019 ini dengan lugas. (*)

Penulis: Edriwan