Tingkatkan Hasil Panen Cabe Merah, Babinsa Bukit Nenas Dampingi Petani

Rabu, 16 Maret 2022

DUMAI, PANTAUNEWS.CO.ID - Babinsa Kelurahan Bukit Nenas Serda Roni melaksanakan upaya khusus pendampingan sekaligus memberikan penyuluhan kepada masyarakat petani yang bergerak dalam pertanian pembibitan tanaman cabe, di RT 05 Kelurahan Bukit Nenas, Kecamatan Bukit Kapur, Rabu (16/03/2022).

Disela kegiatan pendampingan, Babinsa  mengungkapkan, dalam pendampingan ini kita juga selalu bekerja sama dengan PPL guna memberikan masukan masukan kepada para petani dengan harapan mereka paham dan mengerti langkah langkah yang harus dikerjakan sehingga mendapatkan hasil yang memuaskan.

Dalam penyemaian cabe seperti sekarang ini contoh nya, ada langkah langkah yang mesti disiapkan seperti menyiapkan media semai, lalu masukan tanah dan pupuk kandang dengan perbandingan 3:1.

Selanjutnya media semai juga harus ditempatkan ditempat yang gelap dan terlindung dari cuaca dan sinar matahari selama seminggu dan setelah media semai siap rendam bibit cabe dalam air hangat selama 3 jam sebelum disemaikan, ucap Babinsa.

Kecamatan Bukit kapur sendiri memiliki tanah Lahan cukup  yang bisa ditanami berbagai jenis tanamaan seperti, cabe, sayuran dan palawaija lainnya, 
apabila Babinsa dan PPL pertanian mendatangi kelokasi lahan dan memberikan motipasi penyuluhan, mudah mudahan kelompok tani mendapat kan ilmu tentang cara bercocok tanam yang benar, ungkap Babinsa

"Alhamdulilah hari ini kita panen dengan hasil yang memuaska di banding yang sebelumnya, apalagi pagi harga cabe hari ini sangat cukup memuaskan para petani cabe sehingga terbantulah perekonomian para warga khususnya para petani," pungkas Serda Roni. (Aan Heru Saputra)