Wabup Pelalawan Nasarudin Buat Tandingan KNPI di Riau, Fuad Santoso Ajak Berdialog

Kamis, 17 Maret 2022

Ketua DPD KNPI Riau Fuad Santoso beserta jajaran pengurus menggelar konferensi pers sebelum menuju lokasi pelantikan pimpinan Nasaruddin di Labersa Hotel, Kamis sore (17/3/2022)

PEKANBARU, PANTAUNEWS.CO.ID – Pelantikan DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provisinsi Riau periode 2021 – 2024 dibawah kepemimpinan H Nasarudin SH MH, Kamis malam ini (17/3/2022) di Labersa Grand Hotel & Convention Centers, terjadi aksi penolakan.

Tak tanggung-tanggung, Ketua DPD KNPI Riau Nasaruddin ini akan dilantik oleh 3 Ketua Umum DPP KNPI yakni, Noer Fajrieansyah, Raden Andreas dan Mustahuddin. Diketahui sebelumnya, bahwa berdasarkan hasil Musyawarah Daerah DPD KNPI Provinsi Riau yang ke 14 pada awal bulan Maret 2021 lalu, Fuad Santoso SH MH terpilih sebagai ketua baru.

Tampak sekelompok DPD KNPI Riau dibawah kepimpinan Fuad Santoso ini menghadang didepan pintu masuk acara pelantikan dan seraya berorasi mempertanyakan legalitas kegiatan tersebut, Kamis sore (17/3/2022).

Sebelumnya, Fuad Santoso beserta jajaran pengurus DPD KNPI Riau mengelar konferensi pers di sekretariat dekat Kantor Gubernur Riau. Dalam pemaparannya, Fuad Santoso tak ingin adanya kegaduhan serta perpecahan antara pemuda di Provinsi Riau.

“Intinya kami ingin mempertanyakan legalitas pelantikan KNPI Riau di Hotel Labersa hari ini. Kami tidak ingin adanya perpecahan sesama organisasi kepemudaan di Provinsi Riau,” kata Fuad Santoso, Ketua KNPI Riau menjelaskan saat diwawancarai sejumlah wartawan.

Ditambahkan Fuad, KNPI Riau yang sah adalah dibawah kepemimpinan Ketua Umum DPP Haris Pertama. Sebutnya, bahwa Haris Pertama adalah mandataris kongres yang sah dan telah melantik DPD KNPI di Provinsi Riau pada 18 Desember 2021 lalu yakni Fuad Santoso sebagai ketua.

Pantauan dilapangan aksi penolakan yang digelar dari pukul 16.00 WIB, berjalan dengan tertib dan kondusif. Tampak pengawalan yang cukup ekslusif dari pihak kepolisian dan diperkirakan ada sekitar 250 – 300 pemuda yang ikut aksi penolakan tersebut. Selain DPD KNPI Riau juga tampak hadir beberapa OKP yang juga ikut melakukan aksi penolakan.

Fuad Santoso yang didampingi Seketaris DPD KNPI Riau Nofri Andri Yulan juga menyayangkan adanya kabar salah satu Forkompinda Riau yang hadir dalam kegiatan pelantikan tersebut.

“Terkait isu pelantikan ini sangat menggangu kami dan padahal saat itu pelantikan kami sebelumnya dihadir sejumlah Forkompinda. Kenapa KNPI Riau ini dipecah,” tukas Fuad Santoso.

Selanjutnya, Fuad Santoso akan mendatangi lokasi pelantikan dan ingin membuka ruang dialog.

“Kami tidak ingin adanya perpecahan pemuda di Provinsi Riau. Semoga kedatangan kami ini disambut baik dan adanya dialog untuk menghasilkan sebuah kesepakatan,” imbuhnya lagi.

Nasaruddin yang merupakan Wakil Bupati Pelalawan ini juga mengklaim sebagai Ketua DPD KNPI Provinsi Riau. Fuad Santoso beserta jajaran pengurus DPD KNPI Riau akan mempertanyakan legalitas Musda yang digelar di Pelalawan lalu.

Uniknya, kepengurusan DPD KNPI Riau dibawah Nasarudin ini sudah mengantongi SK dari ketiga DPP KNPI. (rgb)