Akankah SDM Menjadi Salah Satu Elemen Kemajuan Ekonomi Suatu Negara?

Selasa, 19 April 2022

Oleh : Laila Qadrina

BANDA ACEH, PANTAUNEWS.CO.ID - Laila Qadrina, Mahasiswi Ilmu Politik universitas Syiah Kuala, Banda Aceh, mempertanyakan Akankah Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi salah satu elemen kemajuan ekonomi suatu negara. Selasa (19/04/22).

Menurutnya, Negara yang memiliki predikat negara maju sudah pasti memiliki sumber daya manusia (SDM), yang hebat, dan berbakat. Sumber daya manusia (SDM) merupakan seseorang atau sekumpulan orang yang memiliki bakat terlatih dalam suatu bidang untuk mengembangkan dan memperoleh hasil dari bidang tersebut sesuai dengan visi dan misi yang dibentuk. 

Kualitas sumber daya manusia sangat menentukan kemajuan suatu negara serta menjadi aspek penentu keberhasilan pembangunan dalam sebuah negara.

Untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas, negara harus mempersiapkannya sedini mungkin. Pemerintah harus menyediakan fasilitas pendidikan agar anak bangsa dapat menuntut ilmu sehingga mereka bisa mengembangkan potensi yang dikuasai.

Bahkan, Pendidikan juga harus menjadi yang utama dalam segala aspek karena pendidikan merupakan kunci utama dalam kesuksesan dan menjadi faktor dalam penentu kualitas sumber daya manusia itu sendiri.

Salah satu peran sumber daya manusia yaitu faktor produksi, dimana manusia lah yang mengelola seluruh kekayaan alam yang ada. Akan tetapi sumber daya manusia juga memiliki keterbatasan sehingga dalam hal perekonomian.

Cara penggunaan sumber daya manusia itu harus dilakukan sebaik mungkin agar bisa menghasilkan barang dan jasa untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Jumlah sumber daya manusia yang tinggi tidak selalu menjamin keberhasilan perekonomian suatu negara, akan tetapi keberhasilan tersebut di tentukan oleh kemampuan dan keterampilan sumber daya manusia sendiri.

"Dalam sistem pembangunan, sumber daya manusia berperan sebagai agen perubahan, karena sumber daya manusia yang menjadi peran utama dalam pembangunan," katanya. 

Banyak negara-negara kecil dan miskin akan sumber daya alam menjadi negara maju, hal tersebut dikarenakan mereka memiliki sumber daya manusia yang tinggi sehingga dapat menciptakan berbagai teknologi canggih yang dapat berguna bagi segala aspek.

"Contohnya, negara yang kaya akan sumber daya alam akan mengekspor bahan mentah kepada negara yang maju akan teknologi untuk di olah bahan mentah tersebut menjadi bahan siap pakai," ujarnya. 

Dia juga menjelaskan. Sedangkan banyak negara yang kaya akan sumber daya alam kurang memiliki sumber daya manusia yang berkualitas.

Hal tersebut dapat terjadi karena rendahnya tingkat pendidikan serta kurangnya fasilitas pendidikan yang di berikan oleh pemerintah. Sebagian dari mereka juga menganggap bahwa mereka mampu bertahan hidup dan melakukan perekonomian hanya dengan mengandalkan sumber daya alam yang mereka miliki.

"Negara yang memiliki sumber daya manusia yang berkualitas tinggi tentu menjadi negara maju yang memiliki tingkat perekonomian yang tinggi," tambahnya.

Karena para sumber daya manusia tersebut terus mengembangkan kemampuan yang dimilikinya menjadi berbagai alat yang dapat digunakan untuk mencapai kebutuhan khalayak umum. Sehingga banyaknya permintaan akan alat tersebut oleh berbagai negara, dapat meningkatkan perekonomian negara yang menjadi produsen alat tersebut. (Juliadi)