Kadishub Dumai Mundur, Pengamat: Ini Bentuk 'Kegagalan' Walikota Menempatkan Posisi di Kabinet-nya

Jumat, 15 April 2022

Saat Walikota H Paisal SKM MARS melantik Zulkarnain, S.Sos, M.Si sebagai Kadishub Dumai, Senin (3/1/2022) lalu, Foto: Istimewa (Net)

DUMAI (PANTAUNEWS.CO.ID) - Kabar pengunduran diri Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Zulkarnain S.Sos  M.Si dari jabatannya menuai tanda tanya besar dan juga sontak heboh di instansi primadona OPD Pemko Dumai.

Ketika dikonfirmasi Sekretaris Daerah Kota Dumai H Indra Gunawan S.IP M.Si, mengatakan bahwa Kadishub Zulkarnain sudah hampir seminggu dengan dilayangkannya surat resmi pengunduran diri kepada pimpinan daerah.

"Kita sudah terima surat resmi pengunduran diri Zulkarnain dari jabatannya sebagai Kadishub Dumai dan saat ini kita sudah tunjuk penggantinya sementara," kata Sekdako Dumai H Indra Gunawan, Jumat (15/4/2022).

Ditambahkan Sekdako Dumai Indra Gunawan, ketika surat pengunduran diri yang dilayangkan Zulkarnain ini sempat menuai tanda tanya besar pucuk pimpinan. Walikota Dumai H Paisal SKM MARS sempat meminta Zulkarnain untuk memikirkan lebih matang terkait penguduran diri yang diajukannya.

Selanjutnya dengan informasi terangkum, pengunduran diri dikatakan Sekdako Dumai bahwa bersangkutan beralasan jabatan Kadishub tidak sesuai dengan latar belakang pendidikannya.

Diketahui, Zulkarnain sebelum memimpin Dishub menjabat sebagai Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP). Selanjutnya juga pernah menjabat Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) dan Camat Sungai Sembilan.

Zulkarnain yang dilantik menjabat defenitif Kadishub Dumai ini sejak tanggal 3 Januari 2022 lalu merupakan hasil assessment. Penunjukkan Zulkarnain sebagai Kadishub sebelumnya sempat terjadi pro dan kontra terkait dugaan dia belum pernah berdinas atau bahkan menjabat di Dinas Perhubungan Dumai.

Desas desus dugaan pengunduran diri Kadishub Dumai, selain tidak sesuai dengan latar belakang pendidikannya, diduga terkait tekanan pemberitaan miring di Dishub belakangan ini.

Pengunduran Diri Kadishub Dumai Menuai Tanda Tanya

Ditempat terpisah, pengamat sosial Ibrahim menyebutkan pengunduran diri Zulkarnain sebagai Kadishub Dumai ini merupakan sejarah yang patut didokumentasikan.

"Jika terkait latar latar pendidikan menjadi persoalan, kenapa dia ikut daftar lelang jabatan (Assessment,red) di Dinas Perhubungan saat itu. Ini tak masuk akal," tukas Ibrahim.

Selanjutnya, penunjukkan Zulkarnain sebagai Kadishub Dumai hasil Assessment ini merupakan bentuk kegagalan Walikota dalam menempati posisi jabatan di Kabinet-nya.

"Orang orang berebut jadi Kadishub, kok malahan dia (Zulkarnain,red) malah mengundurkan diri. Ini ada apa," pungkas Ibrahim mempertanyakan. (*)

Penulis: Edriwan