Sah!! Ramadhan Fair II Resmi Dibuka Walikota Subulussalam

Kamis, 14 April 2022

SUBULUSSALAM, PANTAUNEWS.CO.ID - Walikota Subulussalam H Affan Alfian Bintang SE, resmi membuka acara Ramadhan Fair-II di Lapangan Sada Kata. 

Bertepatan di Komplek Perkantoran Pemerintah Kota Subulussalam, Desa Lae Oram, Kecamatan Simpang Kiri, Kota Subulussalam, Rabu, (13/4/2022), terlihat pembukaan Ramadhan Fair II berjalan dengan lancar dan tertib.

Disampaikan Kepala Dinas Syariat Islam dan Pendidikan Dayah (DSIPD) Kota Subulussalam Drs. HM Yakub KS, MM dalam sambutannya bahwa kegiatan Ramadhan Fair tersebut bertujuan untuk menjalin hubungan silaturahmi.

"Semoga juga memperkuat ukhuwah Islamiyah, menumbuhkan kecintaan terhadap generasi muda terhadap Agama, Seni dan Budaya Islam, serta guna untuk menginspirasi dan menyemangati Pemuda untuk Berpikir Kreatif dan Inovatif," katanya saat pembukaan. 

Lanjutnya, ada beberapa rangkuman kegiatan Ramadhan Fair-II yakni kegiatan bazar jual makanan dan minuman berbuka puasa dari jam 16.00 s/d 22.00 Wib. Terus, jualan produk UMKM sejenis pakaian dan souvernir khas Kota Subulussalam.

Kedua, kompetisi Ramadhan yang diikuti pelajar sekolah, dan masyarakat yang ada di Kota Subulussalam. Seperti perlombaan usia 10-15 tahun putra/i untuk perlombaan cerita Islam usia 7-12 tahun.

Ketiga, perlombaan rangking 1 cerdas cepat tanggap, perlombaan mengetahui usia 4-6 tahun, perlombaan nasyid khusus Ibu-ibu se-Kecamatan.

Keempat, Ramadhan produktif yang diikuti oleh pelajar SMA/SMK/MA sederajat untuk kesenian yang bernuansa islami, dari dayah-dayah dan dari sekolah umum.

Kelima, berbuka puasa bersama melalui kupon bazar yang disediakan oleh panitia. 

Keenam, tabligh akbar yang dilaksanakan dalam rangka menahan Nuzul Qur'an pada tanggal 19 April 2022 yakni pada Puasa ke 17 Ramadhan 1443 H.

Ditempat yang sama, Walikota Subulussalam dalam sambutannya mengatakan semoga acara Fair-II ini menjadi agenda tahunan yang selalu ramai dengan antusias masyarakat. 

Pelaksanaan Ramadhan Fair-II ini, Walikota meminta untuk dilakukan evaluasi agar momentum ini meningkat setiap tahunnya.

"Kami tidak ingin Ramadhan ini gagal. Untuk memenuhi harapan masyarakat yang berkunjung dengan harapan panitia dapat menerima yang terbaik," kata Walikota dalam sambutannya.

Selain wadah silaturahmi, lanjut Walkot Bintang bahwa perlu adanya kegiatan Ramadhan Fair-II ini diharapkan dapat menjadi dunia usaha terutama UMKM di Kota Subulussalam. Selanjutnya, dapat berkembang sekaligus meningkatkan segmen produk-produk unggulan.

"Saya berharap agar perhelatan Ramadhan Fair ini menjadi media yang efektif bagi para pelaku UMKM untuk mengenalkan produk. Kita juga berharap kegiatan ini nantinya dapat menjadi media sosial yang bernuansa Islami," harapnya.

dekat, waktu kegiatan Ramadhan Fair-II ini berlangsung selama 7 hari kedepan yaitu dimulai dari tanggal 13 - 19 April 2022.

Terkait sumber pembiayaan, kegiatan Ramadhan Fair-II ini berasal dari dana DOKA Pemerintah Kota Subulussalam yang di tempatkan di SKPK DSIPD.

Pantauan dilapangan, meskipun acara pembukaan ini sempat diguyur hujan gerimis, namun kegiatan tampak berjalan lancar dan tertib. (Juliadi)