Pj Gubernur Banten Sosialisasikan Tahapan PPDB SMA/SMK Negeri TA 2022/2023

Sabtu, 21 Mei 2022

SERANG, PANTAUNEWS.CO.ID - Penjabat ( Pj ) Gubernur Banten, Dr Al Muktabar M.Sc,  meluncurkan Sosialisasi Tahapan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2022/2023 SMA/SMK Negeri Provinsi Banten di SMAN 1 Ciruas, Jalan Raya Jakarta Km 9.5, kecamatan Ciruas, Kabupaten Serang, pada Jum’at (20/5/2022).

Tahun 2022/2023 ini, PPDB SMA/SMK Negeri di Provinsi Banten, berbasis web atau server sekolah untuk mengantisipasi terjadinya hambatan sistem PPDB secara keseluruhan ketika muncul hambatan administrasi disatu sekolah.

“ Pada 2019, saat usai dilantik menjadi Sekretaris Daerah,  konsentrasi pertama saya adalah PPDB,  kemarin usai mendapat penugasan Penjabat Gubernur, tugas pertama juga PPDB,” tutur Al Muktabar, diawal kata sambutannya.

“ Secara umum, pendidikan menjadi konsentrasi pemerintah,” jelasnya.

Disampaikan oleh Pj Gubernur Banten ini,  saat dirinya mendapat amanat menjadi Penjabat Gubernur, RKPD (Rencana Kerja Pemerintah Daerah) sudah berakhir, saat ini rencana pembangun terwadahi dalam RPD (Rencana Pembangunan Daerah) yang hulunya adalah visi misi Presiden dan Wakil Presiden di samping Rencana Pembangunan Jangka Panjang.

“ Mengawal pendidikan dengan mengawal PPDB sebaik-baiknya sebagai pintu awal,  bila sukses, setengah pekerjaan Bapak/Ibu sukses, ini pertaruhan kita bersama, yang ujungnya melayani masyarakat,” tegasnya.

Ditegaskan pula oleh Al Muktabar, menjadi tugas pemerintahan untuk mengatur dan melayani, bia terjadi deviasi atau ketidakterhubungan keduanya, tugas pemerintah untuk melakukan intervensi, pihaknya siap bersama para Kepala Sekolah untuk bersama mencari solusi bila muncul hambatan atau permasalahan.

Dijelaskan oleh Al Muktabar, " dalam waktu dekat kita akan melakukan PPDB khusus SMA/SMK Negeri, apabila ada ketidakbenaran pengelolaan, ada ketidakpuasan publik di sana, bila ada masalah akan kita selesaikan bersama,” tegas Pj Gubernur Banten .

“Prinsip penerimaan siswa baru, kita menggunakan web sekolah yang sekarang terpelihara dan berjalan dengan baik, mohon dijaga internetnya sebagai penjuru penerimaan siswa baru dan juga saya berpesan kepada para panitia PPDB SMA dan SMK Negeri se Provinsi Banten, untuk menjalankan unsur fairness dengan baik, ikhtiar kita jalankan dalam rangka pelayanan pendidikan, bahwa pemerintah hadir, mudah mudahan dengan persiapan yang baik ini, semua bisa kita maksimalkan dan saya yakin, kita bisa dengan tanggung jawab kita ", harap Muktabar. (Soleh)