Terkait Banjir Di Kelurahan Cimone Jaya, Ketua RW Didesak Bentuk Forum Masyarakat Terdampak

Rabu, 11 Mei 2022

TANGERANG, PANTAUNEWS.CO.ID - Warga RT 02,03,04/08 Kelurahan Cimone Jaya, Kecamatan Karawaci, Kota Tangerang kembali pemukimannya tergenang air dengan ketinggian yang lebih tinggi daripada sebelumnya, terjadi pada Rabu (12/5/2022) dini hari.

Dalam kondisi tersebut tidak sedikit masyarakat yang keluar rumah meneriakkan keluhannya

"Banjir euy... Banjir Euy... Kumaha iyeu, gustiiii...tulungan atuh pemerintah, karunya atuh warga rek iraha di tanganinya" keluh Ahmad dengan nada yang cukup keras.

Saat diwawancarai, Ahmad menyampaikan permohonan dan harapannya kepada pemerintah agar segera mencari solusi bagaimana caranya bisa mencegah atau mengurangi genangan air yang sering kali terjadi di lingkungannya setiap hujan deras.

"Saya berharap kepada pemerintah, jangan hanya sebatas meminjau tapi segera dilaksanakan. Kasihan warga, coba lihat sekarang kami dan anak - anak kami seharusnya tertidur lelap, eh sekarang terpaksa harus bangun dan terjaga sampai pagi karena rumah kami tergenang air dengan ketinggian yang cukup tinggi," keluh Ahmad. 

Asep Wawan Wibawan, salah satu tokoh masyarakat yang juga rumahnya tergenang air mendesak kepada ketua RW setempat yang datang meninjau ke lokasi, untuk segera mengundang warga membentuk Forum Masyarakat Terdampak (Format) dengan tujuan untuk menyatukan kekuatan, tujuan, harapan serta solusi bersama bagaimana cara bisa mengatasi atau meminimalisir keluhan warga masyarakat yang disaat hujan deras kediamannya begitu cepat tergenang air. 

"Saya berharap pak RW segera mengundang warga masyarakat juga mengundang pak lurah untuk bersama-sama mencari solusi. Kita tampung, keluhan, tanggapan dan harapan masyarakat secara objektif, karena tidak menutup kemungkinan ada warga masyarakat yang memiliki ide, gagasan atau tanggapan yang cerdas dan cermat dalam memberikan solusi. 

Kemudian kita sampaikan keluhan, harapan, tanggapan,gagas atau ide masyarakat tersebut kepada Unsur-unsur terkait

Bila keluhan, harapan, tanggapan, gagas atau ide warga yang sudah di akmodir dalam forum kurang bahkan tidak ditanggapi oleh unsur - unsur terkait, maka kita tempuh langkah - langkah selanjutnya yang tentunya sesuai atau tidak melanggar Undang - undang Dasar 1945 " Kata Asep

Sunardi, selaku ketua RW 08 Kelurahan Cimone yang pada saat itu datangi meninjau lokasi, merespon dengan sangat positif usulan diadakannya Forum Masyarakat Terdampak (Format)

"Saya sangat setuju dengan usulan tersebut,  selain masyarakat terdampak saya pun akan mengundang Ketua RT 02, 03 ,04 dan pak lurah. Sayapun sebelumnya memang sudah berkoordinasi dengan pak lurah, terkait rencana tersebut," tutur Sunardi. (Asep WW)