Usulan Pemkab Rohul Selaras dengan Prioritas Pembangunan Provinsi

Ahad, 22 Mei 2022

ROKAN HULU, PANTAUNEWS.CO.ID - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Tahun 2023 di Gedung Daerah Balai Serindit, Jumat (20/05/2022).

Dalam Musrenbang RKPD Tahun 2023 ini membawa tema "Memantapkan Kesejahteraan Masyarakat, Pelayanan Publik Dan Daya Saing Daerah Yang Kompetiti”. Turut juga dihadiri Bupati Rohul H. Sukiman, Sekda Rohul M. Zaki S.STP M.Si, Kepala Bappeda Rohul Drs Yusmar M.Si, Kadis Kominfo Rohul H. Syofwan S.Sos.

Selain itu, Wakil Ketua DPRD Riau Saparuddin Poti, SH, Perwakilan Kemendagri, Perwakilan Bappenas, Kepala OPD Provinsi Riau, Bupati Kabupaten/wali Kota se-Provinsi Riau, tokoh masyarakat baik hadir langsung maupun daring.

Lanjut Gubri, peningkatan kesejahteraan sesuai dengan tema tersebut dalam bidang Pendidikan, kesehatan, kemiskinan, pengangguran dan ketenagakerjaan. Lalu pelayanan publik dalam bentuk good Government dan daya saing daerah yang kompetitif yaitu pengembangan sektor industri, pertanian, perdagangan, dan pariwisata," sebut Gubri.

Gubri Syamsuar menyatakan bahwa penyelenggaraan Musrenbang ini mempunyai arti sangat penting dan strategis kedepannya bagi daerah khususnya Provinsi Riau.

"Diharapkan kedepannya dapat menghasilkan berbagai ide aspiratif dan inovatif yang dapat dipaduserasikan dengan berbagai program," ungkapnya.

Selain itu, pihaknya juga berharap dengan adanya Musrenbang RKPD ini mampu membangun kegiatan pembangunan dengan baik sehingga dapat terlaksana secara transparan, efisien, efektif, terukur dan berkelanjutan.

Menurutnya, hasil Musrenbang yang diselenggarakan hari ini dirumuskan dalam berita acara kesepakatan dan ditandatangani oleh Kepala Bappedalitbang dan Kepala Perangkat Daerah dan sebagainya.

"Sebagai bahan masukan dan penyempurnaan Rancangan RKPD Tahun 2023 yaitu memuat program dan kegiatan yang ditetapkan berdasarkan kapasitas riil kemampuan keuangan daerah," ujar Syamsuar.

Ditempat yang sama, Bupati Rohul H. Sukiman melalui Sekda Rohul M. Zaki S.STP M.Si mengaku Musrenbang RKPD Tahun 2023 Provinsi Riau ini selaras dengan Perencanaan Pemkab Rohul yang telah dibahas melalui Musrenbang RKPD Kabupaten Rohul Tahun 2022.

Dijelaskannya, Penyusunan RKPD Tahun 2022 Pemkab Rohul. Pertama, disektor Peningkatan Kualitas SDM dengan pemenuhan dan peningkatan kualitas pendidikan dan kesehatan. Kemudian, Mewujudkan kemandirian dengan menggerakkan sektor-sektor strategis ekonomi lokal untuk dapat bersaing dalam menurunkan angka kemiskinan serta Pemenuhan Infrastruktur dasar pedesaan dan peningkatan kualitas infrastruktur perkotaan

“Tadi kita bersama pak Bupati dan OPD terkait telah mengikuti Musrenbang RKPD 2023 Provinsi. Kita melihat perencanaan Pembangunan Rohul selaras dengan prioritas Pembangunan Provinsi Riau. Jadi segala prioritas Provinsi yang disampaikan saat ini seperti infrastruktur, perdagangan, kesehatan, pendidikan itu juga kita sinkron dan usulan sudah sampai melalui Musrenbang Provinsi,” pungkasnya. (*DAS)