Bupati H Sukiman: Keragaman Suku Bangsa Kekuatan Dalam Membangun

Rabu, 29 Juni 2022

ROKAN HULU, PANTAUNEWS.CO.ID - Majelis Syukuran  penerimaan gelar Kehormatan Adat kepada Wakil Bupati (Wabup) Rokan Hulu (Rohul), H Indra Gunawan, Wakil  Ketua DPRD Rohul  Nono Patria Pratama SE, berjalan dengan sangat khidmat.

Kemudian, kegiatan dirangkai pemberian gelar Kehormatan Adat kepada Anggota DPRD Provinsi Riau  H Adam Syafaat, dan Anggota DPRD Rohil Cucu Kemenakan Ninik Mamak Ujung Batu, di Balai LKA  Kecamatan Ujung Batu, Selasa  (28/6/2022).

Hadir dalam giat tersebut, Bupati Rohul H Sukiman, Ketua DPRD Rohul  Novli Wanda Ade Putra, ST, MSi, para Anggota DPRD Kabupaten Rohul dari Kecamatan Ujung Batu,  Ketua MKA Kabupaten Rohul DR Dipendri  S Pd MM, Ketua LKA Ujung Dahnil Malik,  Camat Ujung Batu diwakili Sekcam Nurmi Aisah, SE.

Kapolsek Ujung Batu Kompol Muslim Hidayat SH, Danramil Ujung Batu Kapten Info Mawardi, Lurah /Kades Se Kecamatan Ujung Batu,  Para Datuk di  Kecamatan Ujung Batu, Tokoh Masyarakat, Tokoh  pemuda   dan Cucu Kemenekan Ujung Batu. 

Terpantau,  kegiatan di awali, Pembacaan Ayat Suci Al-Quran, Doa , Laporan ketua Pelaksana, Prosesi Upacara pemberian gelar Kehormatan Adat Kepada Anggota DPRD Cucu Kemenekan Ujung Batu dengan pembacaan Warkah oleh Ketua LKA Ujung Batu, Pemasangan Tanjak, Pemasangan Selempang  penyerahan Keris  dan prosesi Tepung Tawar.

Pada kesempatan itu, Wabup Rohul  H Indra Gunawan, dengan gelar (Datuk Seri Timbalan Setia Amanah Guno Nuguai),  Wakil Ketua Rohul  Nono Patria Pratama SE  dengan gelar (Datuk Timbalan Setia Mufakat Paduko Amanah).

Anggota DPRD  lainnya, H Mahmud, SE dengan gelar (Datuk Paduko Alim) dari Suku Melayu Godang, Adam Safaat MA dengan gelar (Datuk Tuah Mufakat Nan Mudo) dari Suku Chaniago, HM Hilip,  dengan Gelar (Datuk Panglimo Bosa)  dari Suku Chaniago,  Arisman SSos dengan Gelar (Datuk Saudagar Alim) dari suku Chaniago, H Darwin dengan gelar (Datuk Tan Kuaso Mudo) dari Suku Moniliang Godang, Budi Darman , dengan gelar (Datuk Ponghulu Mudo) dari Suku Moniliang Tongah.

Dalam kesempatan itu, Bupati Rohul H Sukiman, mengucapkan, Selamat kepada Wakil Bupati Rohul atas gelar Datuk Seri Timbalan Setia Amanah  dan Wakil Ketua Anggota DPRD serta kepada cucu Kemenakan Ninik Mamak Ujung Batu yang telah menerima gelar kehormatan adat.

“Dalam hal ini kami menyampaikan apresiasi dan menyambut baik kegiatan seperti ini, karena dengan kegiatan syukuran ini kita dapat berdiskusi bersama Untuk Rokan Hulu lebih maju,” tutur Eks Dandim Inhil ini.

“Kita ketahui bersama bahwa Rohul juga memiliki keragaman suku bangsa dengan tradisi dan budayanya yang khas dan unik,” imbuhnya.

“Harus kita jadikan sebagai pilar-pilar keunggulan dalam menghadapi persaingan global, nilai-nilai keunggulan dan budaya positif warisan nenek moyang kita,” paparnya.

“Mari bersama-sama merawat adat dan perangkatnya, agar menjadi payung bagi kemaslahatan masyarakat,” ajak Bupati.

Lanjutnya  kegiatan syukuran ini hendaknya menjadi barometer bagi  semua bahwa adat sangat penting.

“Untuk dijaga dan dilestarikan agar tidak lekang karena panas dan tidak lapuk karena hujan,” tutur Bupati H Sukiman. (Das/Advertorial)