Ormas Laki Sambut Kunjungan Tim Kesbangpol Kota Subulussalam

Jumat, 17 Juni 2022

SUBULUSSALAM, PANTAUNEWS.CO.ID - Kepala Kantor (Kakan) Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Subulussalam, Khairunnas, SE bersama Tim berkunjung ke Sekretariat Ormas Laskar Anti Korupsi Indonesia (LAKI), dalam rangka memeriksa kelengkapan data dan Administrasi.

Diketahui. Keberadaan kantor Ormas Laskar Anti Korupsi Indonesia (LAKI) itu beralamat di Jl Teungku Umar, Desa Penanggalan Barat, Kecamatan Penanggalan, Kota Subulussalam, Aceh, Kamis, (16/06/22).

Disampaikan Kepala Kantor (Kakan) Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Subulussalam, Khairunnas, SE kedatanganya bersama Tim, ke kantor Ormas Laki itu, untuk memeriksa kelangkapan, dan kelayakan data dan Administrasi ormas Laki.

"Tadi saya berpikir ormas laki tidak mempunyai kantor, Alhamdulillah setelah kami sampai kemari, barulah kita melihat kantor Ormas Laki yang begitu lengkap dengan Atribut dan anggota-anggotanya," Sampai Khairunnas, SE

Lanjut, Khairunnas. Pihaknya berkunjung di wilayah kota Subulussalam sudah 3 hari berjalan, berkeliling di sekitaran pemkos Subulussalam guna untuk mengunjungi kantor LSM maupun Organisasi. Tidak lain tujuan Tim Kasbangpol itu untuk mengecek, dan memastikan keberadaan kantor LSM atau Ormas di kota tersebut.

"Dari tiga hari kami roadshow ke lapangan, kami menemukan ada beberapa LSM yang tidak mempunyai kantor, justru ini sangat disayangkan sekali," ujarnya.

"Dan Ini akan kami rekomendasikan kepada pimpinan,bagi Ormas ataupun LSM yang tidak mempunyai kantor dan yang punya kantor," kata Kakan Kasbangpol kota Subulussalam

Khairunnas, juga mengatakan ada sebanyak 60 LSM dan Ormas yang aktif di kota Subulussalam ini yang aktif, namun sangat banyak sekali yang tidak aktif dan tidak mempunyai kantor maupun sekretariat.

"Karena ini merupakan sebuah tugas kami untuk mengontrol LSM dan Ormas yang memang aktif di Kota subussalam Ini," imbuhnya.

Selain itu, Khairunnas. Juga mengingatkat bagi masyarakat yang mengaku LSM ataupun Ormas agar melengkapi Administrasi, dan mempunyai kantor.

"nantinya ini akan kita luruskan demi kemajuan organisasi atau LSM yang ada di kota Subulussalam ini," bubuhnya.

Kami harapkan, lanjut Khairunnas. Kepada ormas maupun LSM yang telah melengkapi datanya, sebaiknya lebih ditingkatkan lagi supaya lebih maju lagi seperti laporan agenda atau kegiatan per Triwulan kepada Kasbangpol.

"Iya, harus kasbangpol ini bisa dikatakan orang tua daripada LSM dan Ormas yang berada di wilayah Kota Subulussalam ini," bebernya.

Dikesempatan yang sama, Kepala Kantor (Kakan) Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Subulussalam itu juga sangat menyayangkan sekali adanya tingkah oknum LSM di lapangan yang menonjolkan sikap arogansi.

"Sikap Arogan itu sangat jelas dilarang, dan jika ingin meminta dokumen silahkan diminta dengan cara baik-baik dan secara undang-undang, kami tegaskan di sini kami tidak alergi dengan LSM maupun Ormas," ungkapnya.

Masih di kantor Ormas Laskar Anti Korupsi Indonesia (LAKI) DPC kota Subulussalam, Ahmad Rambe sangat mengapresiasi dan berterimakasih atas kinerja kasbangpol kota Subulussalam yang telah berkenan mengunjungi sekretariatnya.

"Kami tetap berpegang teguh dan bernaung kepada kasbangpol kota Subulussalam, kami juga menganggap Kasbangpol orang tua dari Ormas Laki di kota Subulussalam ini," ucap Rambe

Bahkan masih kata Rambe. Semua kegiatan LSM maupun ormas di Kota Subulussalam tidak terlepas dari petunjuk dan binaan Kesbangpol kota Subulussalam.

"Ya kami menyadari terkadang ormas Laki ada kesalahan di lapangan saat bekerja dan ke depannya kami akan mengikuti sesuai dengan juknis dan teknis petunjuk dan arahan dari Kesbangpol kota Subulussalam sesuai dengan peraturan dan undang-undang yang berlaku kami siap untuk ditegur, di bina dan dinasehati." Ungkap Rambe.

Dari awal kami sudah berkomitmen dengan bapak pembina, Lanjut Rambe. Ketika kami melakukan aktivitas di lapangan sesuai dengan fungsi kontrol kita tekankan kepada seluruh anggota tidak untuk menonjolkan sikap arogansi

"Alhamdulillah sampai dengan saat ini selama 4 tahun sudah berdiri Ormas Laki di kota Subulussalam ini, kita belum pernah menerima laporan dari masyarakat atas ke arogansian dari anggota kita dan nama ormas laki di Lapangan belum pernah tercemar dengan kata arogansi kita tetap komitmen sebagai fungsi kontrol di lapangan dan kita di sini bukan penegak hukum," jelas Rambe.

Terakhir kepala Kesbangpol kota Subulussalam mengucapkan terima kasih kepada ormas laki beserta jajaran dan anggotanya. Yang sangat luar biasa atas sambutan Ormas Laki. (Juliadi)