Perdana! Pesantren Tahfizul Qur'an Birrulwalidain Di Subulussalam Buka Pendaftaran

Selasa, 07 Juni 2022

SUBULUSSALAM, PANTAUNEWS.CO.ID - Perdana, Pesantren Tahfizul Qur'an Birrulwalidain membuka pendaftaran santri baru, yang beralamat di Desa Lae Bersih Kecamatan Penanggalan Kota Subulussalam.

Penerimaan Santri baru Pesantren yang berbasis Penghafal Al Qur'an itu sudah dimulai pada awal bulan Mei Tahun 2022 untuk Tahun Pelajaran 2022 - 2023.

Pimpinan Pondok Pesantren Tahfiz Qur'an Birrulwalidain Kota Subulussalam Ustadz Adi Maulana Tumangger menyampaikan bahwa, Pesantren tersebut nantinya akan melahirkan para Penghafal Al Qur'an yang Fasih dan Rasikh.

"Jenjang Pendidikan, tahun pertama yakni 1 sampai dengan 10 Juz, Tahun kedua yakni  11 sampai dengan 20 Juz dan 
Tahun ketiga yakni 21 sampai dengan 30 Juz" Kata Pimpinan pondok pesantren Tahfizul Qur'an Birrulwalidain Kota Subulussalam. Senin (6/6/2022).

Kurikulum yang diterapkan dalam Pesantren Tahfizul Qur'an tersebut, kata Ustadz Adi Maulana Tumangger yakni, Tahfidz dan Tsabit (menghafal dan menguatkan hafalan), Muroja’ah (wajib mengulang-ulang hafalan diwaktu yang telah ditentukan).

Kemudian, mengikuti pelajaran diluar kegiatan Tahfidz seperti, Pelatihan Bahasa Arab dan Inggris, kitab kuning, kajian Nahwu/Shorof, Tafsir Al Qur'an, Tahsin, pendidikan Aqidah Akhlaq, Fiqh, Hadits dan kegiatan Ekstrakulikuler.

Adapun syarat Pendaftaran untuk menjadi Santri di Pondok Pesantren Tahfizul Qur'an Birrulwalidain tersebut yakni jenjang SMP sederajat (Usia 13 sampai dengan 15 Tahun) dan SMA sederajat (Usia 16 sampai dengan 18 Tahun).

Persyaratan selanjutnya yakni, mengisi Formulir yang disediakan oleh pihak Pesantren, kemudian, melengkapi berkas yakni Pas Foto 3x4, Foto Copy (FC) Ijazah Terakhir, FC Akta kelahiran, FC Kartu Keluarga, FC KTP orang tua, dan Materai Rp. 10.000.

Seterusnya untuk keperluan pemondokan diharapkan membawa Jubah Putih dan Sorban Putih (bagi santri Putra) serta Cadar Hitam (bagi santri wanita), kemudian perlengkapan Belajar, Perlengkapan Mandi, Perlengkapan Tidur dan Lemari pribadi.

Untuk Biaya administrasi disampaikan bahwa, calon santri dikenakan biaya Pendaftaran sebesar Rp. 100.000,- Biaya Pembangunan Sebesar Rp. 500.000,- dan Biaya Iuran Perbulan Sebesar Rp. 400.000,-

Ustadz Adi Maulana Tumangger juga menyampaikan sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Imam Bukhori yang berbunyi "sebaik-baik kamu adalah orang yang mempelajari Al-Qur'an dan yang mengajarkannya".

Pimpinan Pondok Pesantren Tahfizul Qur'an Birrulwalidain itu juga menjelaskan bahwa, saat ini pihaknya masih membutuhkan sumbangan dan uluran tangan atau Donasi dari para Donatur dalam rangka Pembangunan Kamar Mandi (MCK) dan Mushola serta pondok berkunjung dan mobiler lainnya.

Untuk itu kata dia, pihaknya berharap uluran tangan dari para Donatur (orang tua asuh) baik berbentuk uang maupun material, sumbangan tersebut Kata Ustadz Adi, boleh diantara langsung ke lokasi Pesantren Tahfizul Qur'an Birrulwalidain atau boleh di transfer ke rekening BSI 7178074843 atas nama Pesantren Birrulwalidain. (Juliadi)