Perjuangkan Realisasi Kebun Plasma, HIMAPAS Apresiasi YARA Aceh Singkil

Rabu, 08 Juni 2022

ACEH SINGKIL, PANTAUNEWS.CO.ID - Himpunan Mahasiswa Pelajar Aceh Singkil (HIMAPAS), mengapresiasi Yayasan Advokat Rakyat Aceh (YARA), terkait kebun plasma di Aceh Singkil.

Menurut hasil pertemuan antara Pemerintah Kabupaten Aceh Singkil dengan 15 Perusahaan perkebunan kelapa sawit yang beroperasi di Aceh Singkil pada 6 Oktober 2021 lalu di Kota Medan menuai pertanyaan.

Dalam pertemuan yang digelar di Hotel Four Poin di Kota Medan pada tahun lalu sempat mengeluarkan kesepakatan bersama yaitu salah satu poin yang disepakati antara Pemkab dengan Perusahaan perkebunan adalah dalam tenggang enam bulan, sejak pertemuan pihak perusahaan perkebunan kelapa sawit berjanji akan merealisasikan kebun plasma bagi masyarakat di lingkungan perusahaan masing-masing.

Terlaksananya pertemuan yang melahirkan kesepakatan bersama itu setelah Ketua Yayasan Advokasi Rakyat Aceh (YARA) Perwakilan Aceh Singkil, Kaya Alim mendesak Pemkab Aceh Singkil untuk bergerak agar kewajiban perusahaan kelapa sawit merealisasikan pembangunan kebun plasma. 

"Kami mengapresiasi atas langkah pihak YARA untuk mendesak dan terus mengawal sampai saat ini terkait kebun plasma di Aceh Singkil. Jika kebun plasma direalisasikan tentu dapat menekan angka kemiskinan di Aceh Singkil " kata Sekretaris Jenderal Himpunan Mahasiswa Pelajar Aceh Singkil (HIMAPAS), Ridwansyah kepada wartawan, Rabu (8/6/2022).

Sesuai kesepakatan bersama tersebut, kata Ridwansyah, semestinya masyarakat Aceh Singkil sudah mendapatkan dampak positif jika kebun plasma sudah direalisasikan. Tapi hal tersebut bertimbang terbalik bukannya di realisasikan malah didiamkan oleh pemerintah Aceh Singkil dan perusahaan tanpa adanya follow up terkait realisasi kebun plasma sebagaimana yang sudah disepakati.

" Sepertinya pihak perusahaan anggap remeh dengan perjanjian yang disepakati di Kota Medan tersebut. Seharusnya, dengan demikian Pemkab dalam hal ini Bupati Aceh Singkil harus bergerak mengingatkan pihak perusahaan agar segera merealisasikan kebun plasma " tambah Ridwansyah.

Ridwansyah pun berharap kepada pihak YARA Perwakilan Aceh Singkil agar terus mengawal sampai janji-janji dari perusahaan terealisasi " kami percaya YARA terus melakukan pengawalan agar kebun plasma di Aceh Singkil terealisasi" tutup Ridwansyah (Rls/Juliadi)