Buang Badan

Selasa, 16 Agustus 2022

Foto Ilustrasi (sumber foto: kbbi.lektur.id)

Oleh: Drs. Sofyan, M.Si (Dosen Tetap STIE Mahaputra Riau)

Ungkapan istilah Buang Badan dalam kegiatan yang akan dilaksanakan menjadi suatu hal yg biasa terjadi dalam organisasi, sebab tidak membawa akibat atau sanksi bagi pelakunya, hanya saja membuat suasana kurang nyaman diantara sesama anggota organisasi.

Sikap buang badan dilakukan akan dapat dijadikan ukuran ketidak konsekuenan dalam bersikap dan sekaligus mencerminkan perilaku yg kurang baik untuk mewujudkan kerja sama mencapai tujuan bersama. Disatu sisi kesepakatan yang diputuskan bersama sebagai berwujudan demokrasi telah diakui adanya kesepakatan yg sepakat dan pihak tersebut telah bersedia mengembang amanah yg diberikan kepadanya, jika memang tidak bersedia dapat menolak keputusan tersebut dgn mengemukakan alasan yang tepat dan benar sehingga keputusan akan dapat dianulir dan dicari solusi pengantinya agar rencana yg disepakati bersama tetap dapat terlaksana.

Sikap Buang Badan sebagai istilah menghindar dari tanggung jawab dilakukan seseorang melalui cara berdebat utk pembenaran diri sbg pemegang amanah, dengan  memberikan argumentasi  melalui pendekatan yg kadang kalanya tidaklah terlalu penting, hanya saja hal tersebut dilakukan untuk pembenaran atas sikap yg dilakukannya.kebiasaan Buang Badan sebenarnya suatu bentuk kepribadian yg tidak bertanggung jawab atas amanah, persoalannya mengapa sewaktu rapat bersama  menerima amanah tersebut ? Atau salah ciri tipikal orang suka buang badan terlihat dgn kebiasaan berdebat yg kalang-kadang keluar dari agenda yg sebenarnya.

Akibatnya ada istilah Jabatan yg mentereng mau tapi kerja tunggu dulu, sehingga ada penilaian yg negatif atas sikap buang badan dari pihak lain. Jikalah buang badan akan dapat merusak suatu agenda organisasi. Maka ketegasan pimpinan organisasi penting walaupun dapat bergesekan dengan hubungan antar pribadi pihak yg buang badan tersebut.maka istilah buang badan dapat dikatakan " Dia ada, dia tiada dalam organisasi" dan "dia dimasukan namun tidak diperhitungkan"  orang yg biasa buang badan berakibat dalam organisasi berada dalam posisi " Dia Nyaman dalam Ketidak Nyamanan" semoga kita hilangkan sikap Buang Badan yg dapat dijadikan barometer Kepribadian...
#CelotehPagi#