DUA SISI PERCAYA DAN KEPERCAYAAN

Jumat, 19 Agustus 2022

Penulis: Drs.Sofyan, M.Si (Dosen Tetap STIE Mahaputra Riau)

Ungkapan kata rezeki akan kemana  dan tak akan bertukar memberikan makna bahwa berusaha dan bekerja diiringi dgn doa menjadi pemicu semangat bahwa kita percaya.rezeki telah ada mengatur dan masing-masing kita tinggal menjalani saja.

Bicara percaya merupakan keyakinan terhadap sesuatu hal yg diyakini kebenarannya.Sehingga kata Percayalah  menjadi janji untuk ditepati kepada orang lain. Memberi kepercayaan bukan hal yg mudah didalamnya ada unsur keyakinan akan kejujuran akan menjadi evaluasi terhadap penerima kepercayaan apalagi kepercayaan terhadap hal penting dan strategis. Pemberian Kepercayaan sering diungkapkan dgn kata Amanah yaitu yg dapat dipercaya. Biasanya suatu amanah atau kepercayaan akan tetap langgeng diberikan bila mana membuktikan diri memang amanah atau dapat dipercaya.

Melakukan pencitraan untuk membangun dpt dipercaya bukanlah cara yg bijak, sebab suatu kepercayaan diberikan namun tidak mampu menjaga dan menjalankan  amanah pada akhirnya menjadi bumerang bagi diri sendiri pada saat ingin menjadi yg terpercaya. 

Tidak mudah memperoleh kepercayaan  jika pernah menyimpang dlm melaksanakannya. Maka apapun kemasan yg diperbuat untuk menutupi kesalahan masa lalu akan menjadi sia-sia.

Semoga kedepan penerima kepercayaan benar-benar amanah dan jangan katakan  seseorang diberi kepercayaan diucapkan selamat dan Sukses..
Cukup kata selamat saja sementara kata sukses belum lagi berbuat atas kepercayaan yg diterimanya...
#CelotehSiang#