KESIBUKAN || SILATURAHMI

Senin, 29 Agustus 2022

Penulis: Drs.Sofyan, M.Si (Dosen Tetap STIE Mahaputra Riau)

Aktivitas kesibukan masyarakat diperkotaan  dengan berbagai  kegiatan dan aktivitas kerja yang dimulai dari pagi sampai malam  kadang kala menyebabkan semakin berkurangnya kesempatan untuk bersilaturahmi  dengan keluarga,sanak saudara dan sahabat  maupun jiran tetangga. Kondisi ini sebagai akibat rutinitan kesibukan setiap harinya.

Persoalannya sampai kapan kondisi ini terjadi dan kapan akan berakhir ? Sementara selama ini sering didengar bahwa sebagai makhluk sosial perlu untuk saling berinteraksi satu  sama lainnya yang bukan saja dalam konteks kebutuhan material namun perlu pula memenuhi kebutuhan non material.

Kalaulah kesibukan akibat banyaknya kegiatan atau pekerjaan  apakah hal ini tidak dapat dikelola dalam perspektif manajemen waktu yang memungkinkan  dalam berbagai kesibukan masih  ada ruang waktu agar dapat bersilaturahmi sebagai suatu kebutuhan agar saling bertemu  dan saling bertukar kabar sebagai makna silaturahmi itu sendiri.

Kadang-kadang ungkapan kata sibuk ataupun banyak kesibukan dijadikan alasan untuk tidak bersilaturahmi. Sementara kalaulah dilihat dari segi waktu terdapat kelompok waktu pagi,siang, sore dan malam. Sementara waktu hari tetap 24 jam  semua kita sama memilikinya, mungkin persoalannya terletak pada segi cara mengelola waktu itu sendiri, sebagaimana dikatakan Atkinson (2012) "Manajemen waktu adalah suatu jenis keterampilan  yang berkaitan dengan berbagai bentuk upaya dan tindakan individu yang dilakukan terencana agar seseorang mampu memanfaatkan waktu sebaik mungkin" dari pendekatan tersebut dapat dimaknai bahwa individu agar mampu memanfaatkan waktu yang dimiliki perlu membuat agenda perencanaan  sehingga dalam kesibukan masih ada ruang waktu untuk saling bersilaturahmi  yang juga menjadi kebutuhan sosial dalam kehidupan.

Semoga kesibukan yang dimiliki masih ada kesempatan untuk saling bersilaturahmi  dan semoga kesibukan menjadi alasan untuk tidak bersilaturahmi....