MAKNA || Persahabatan

Ahad, 21 Agustus 2022

Penulis: Drs.Sofyan, M.Si (Dosen Tetap STIE Mahaputra Riau)

Dalam keseharian interaksi melalui  komunikasi langsung maupun tidak langsung melalui memanfaatkan media digital telah menjadi suatu kebutuhan yang tidak dapat dihindari, malahan ada unggapan belum lengkap kalau belum memperoleh kabar dari seorang sahabat  walaupun hanya sekedar ucapan salam dan tegur sapa yang bersifat standard saja.

Alan tetapi pernah pula kita mendengar ungkapan yang mengatakan ada sahabat yang menikam dari belakang untuk mengatakan adanya sahabat yang berkhianat  atau membina persahabatan untuk dan tujuan tertentu.

Suatu persahabatan dalam kelangsunganya memiliki hakekat menjalin silaturahmi dalam hubungan pertemanan, sehingga tak heran banyak terdapat komunitas persahabatan  yang dibentuk  dengan maksud tidak terputusnya hubungan silaturahmi diantara sesama  sahabat, maka tak heran saat ini berbagai nama dibuat untuk hal tersebut, misalnya ikatan Keluarga Alumni  yang malahan dari sekolah dasar sampai pada perguruan tinggi, yang dapat dimaknai bahwa persahabatan penting  dan menjadi media saling bersilaturahmi dengan memiliki tujuan yang disepakati bersama. Sementara pengertian konsep persahatan itu sendiri dikatakan Mussen yang dikutip dari pendapat Nashori (2008) mengatakan " Persahabatan adalah hubungan pribadi yang menyangkut keseluruhan hubungan pribadi berdasarkan kepercayaan yang mendalam dengan saling membagi sesuatu, menerima sesuatu dan merupakan kesempatan untuk memperluas diri ",bertitik tolak dari konsep tersebut ada dua kunci yg dimaknai dalam persahabatan yakni adanya suatu kepercayaan  dan adanya kejujuran agar persahabatan dapat berjalan baik  yang tercermin dari intensitas saling bersilaturahmi.malahan ada pula komunitas persahabatan  dengan membuat Taglene " Terus Bersahabat  sampai Akhir Hayat " yang didalamnya ada nilai-nilai ketulusan dan saling membutuhkan. Suatu persahabatan tetap terjalin dengan akrab dan intensitas tinggi tergantung pula pada kualitas persahabatan itu sendiri  dengan berbagai aspeknya. maka menurut Angelina (2010) terdapat 6 aspeknya, yakni (1).Dorongan dan Kepedulian,(2).Pertemuan dan Rekreasi,(3).Bantuan dan Bimbingan,(4),Pertukaran yang akrab,(5),Konflik dan Penghianatan dan (6).Pemecahan Masasalah.

Dalam berkembangan persahabatan yang telah terjalin selama ini apakah sekedar bertegur sapa saja atau telah mampu memperhatikan ke enam kualitas  persahabatan rasanya perlu diupayakan dapat terwujud. Semoga akan ditemukan  suatu persahabatan dia ada dalam suka maupun duka,sahabat menjadi teman sejati..