PARADIGMA || PERUBAHAN ORGANISASI

Rabu, 31 Agustus 2022

Penulis: Drs.Sofyan, M.Si (Dosen Tetap STIE Mahaputra Riau)

Rhenald Kasali  dalam dalam bukunya Marketing in Crisis (2009 : 95) ada ungkapakan yang dikatakan beliau " Perubahan Memang tidak Mudah,tapi tanpa perubahan tak akan ada kemajuan" bila dicermati pandangan tersebut menunjukkan  bahwa perubahan menjadi suatu tuntutan yang tidak dapat dihindari bila memiliki keinginan untuk memperoleh Kemajuan.

Dalam dinamisasi pertumbuhan dan perkembangan organisasi kedepan jelas perubahan menjadi keharusan, namun hal yang menjadi renungan siapa yang memulainya, dan bagaimana serta kapan waktu yang tepar untuk melakukan perubahan ? Beberapa pertanyaan ini menjadi bahan perdebatan dan diskusi pemerhati organisasi, pada hal kalau dikaitkan dengan faktor organisasi dan manajemen dapat dikatakan sumber daya manusia faktor strategis dalam melakukan perubahan dan disatu sisi kemampuan dalam merencanakan perubahan menjadi tuntutan dengan berbagai kalkulasi dampak dari perubahan yang akan dilaksanakan.

Sebab tidak ada jaminan suatu perubahan akan lebih baik,semua ini perpulang pada pemimpin  dalam teori perubahan dikatakan agen perubahan. Untuk mewujudkan perubahan yang diharapkan kemampuan dan kompetensi pemimpin akan diuji dalam mengambil keputusan dan kebijakan yang mendapat dukungan penuh dari sumber daya manusia yang dimiliki organisasi. Untuk pendekatan perubahan menurut Mc.Cann (1991) mengatakan " Terdapat 4 area yang harus mendapat perhatian eksekutif untuk diadaptasikan, yakni 1).Teknologi,2).Produk dan jasa,3).Struktur dan Sistem dan 4).Sumber daya Manusia.

Melihat hal kesemuanya penting dan menentukan, namun rasanya prioritas mengawali perubahan dengan melakukan perubahan Sumber daya manusia, dengan upaya merubah perilaku dan cara pandangan  terhadap suatu perubahan yang akan dilakukan dalam organisasi,sebab Sumber daya Manusia pada akhirnya menjadi aktor perubahan itu sendiri, disamping tidak mengabaikan ketiga area perubahan lainnya. Semoga  mari kita berpikir positif  bila terjadi perubahan dalam organisasi....