PERJUANGAN || LOPER KORAN

Senin, 22 Agustus 2022

Penulis: Drs.Sofyan, M.Si (Dosen Tetap STIE Mahaputra Riau)

Perubahan perkembangan Media informasi  dewasa ini yang lebih effesiansi bagi para pembaca  hanya dengan meng Klik media online, baik yang gratis ataupun berlangganan telah memudahkan bagi pembaca untuk memperoleh informasi yang ter update, hal ini jelas tidak terlepas dari kemajuan teknologi dizaman ini. namun disatu sisi memberikan dampak pada para loper atau pengantar Koran  yang semakin hari semakin berkurang pelanggan setianya yang membuat sisi usahanya bisa dikatakan entroupi atau bertahan untuk mati.

Dalam kondisi ini terkesan kisah seorang loper koran  yang telah setiap hampir 18 tahun dengan setia mengantar Koran kerumah dengan berjalan kaki,suatu perjuangan untuk meraih rezeki yang dijalaninya  setiap hari. Pernah satu hari disaat samlai di rumah ditanyakan kisah  suka dukanya selama menjadi loper koran, beliau bercerita usia telah 65 tahun  dan pekerjaan sebagai loper koran dijalaninya sebagai usaha sampingan, sementara pekerjaan utamanya sebagai Clenning Servis  disalah organisasi publik yang bertugas kerja dari jam 2 siang sampai jam 10 malam, salut dan luar biasa perjuangan beliau tersebut. Pernah beliau memberikan nasehat yang menyentuh bahwa jalani hidup dengan ikhlas dan senantiasa selalu berdoa mudah-mudahan rezeki tetap ada yang penting senantiasa sehat. Selama hampir 18 tahun menjadi loper beliau bercerita setiap hari berjalan rata- rata 15 Kilometer dan berangkat dari rumah habis sholat subuh  dan kembali kerumah pukul 11  untuk istirahat agar bisa melaksanakan pekerjaan pokok  sebagai Clenning Service.

Terasa sekali semangat perjuangan beliau mencari rezeki  yang dijalani  dengan tekun, pada saat ditanyakan kondisi keluarga  beliau mengatakan allhamdulillah ketiga anaknya telah menyelesaikan pendidikan SLTA dan yang tertua telah Sarjana. Satu hal lagi yang membuat salut dengan cerita  beliau bahwa tempat dimana beliau bekerja telah memberikan hadiah Umroh Atas penggapdian selama bekerja. Ternyata ketekunan dan kerajinan telah membuat lingkungan tempat kerja sangat bersimpati pada beliau, meski usia telah 65 tahun sampai saat ini masih tetap bekerja, luar biasa dan salut atas sikap dan pandangan beliau terhadap pekerjaan yang ditekuninya. Semoga beliau sehat selalu dan setiap pagi mengantar koran kepada pelanggan setianya...