SEMANGAT || TETAP OPTIMIS

Sabtu, 27 Agustus 2022

Penulis: Drs.Sofyan, M.Si (Dosen Tetap STIE Mahaputra Riau)

Ada kebiasaan mengucapkan selamat beraktivitas dan senantiasa sukses untuk  sahabat,teman dan rekan kerja merupakan ungkapan harapan agar senantiasa bersemangat untuk  Melaksanakan apupun  aktivitas yang dilakukan setiap harinya, yang menjalani kehidupan  dan memenuhi kebutuhan diperlukan dorongan semangat  dengan harapan  senantiasa  optimis melakukan aktivitas kerja  bukan sebaliknya  bersikap Pesimis.

Pentingan senantiasa optimis tidak terlepas dari perkembangan dan perubahan yang senantiasa terjadi dilingkungan yang perlu dicari solusi agar  aktivitas kerja tetap dapat diraih sesuai harapan, dalam perspektif perubahan hendaklah tetap optimis  yakni senantiasa merasa nyaman dan ketidak nyamanan yang mengandung makna tetap mampu menyikapi perubahan dan bersemangat dalam melakukan aktifivitas persoalan apakah nantinya  berhasil atau mengalami kegagalan menjadi tantangan tersendiri yang perlu dicari kiat untuk mengatasinya. Memiliki semangat akan dapat memperkuat sikap optimis dalam beraktivitas, sebab  semangat menjadi daya dorong untuk optimis dalam beraktivitas.

Dalam kaitan dengan perlukan bersikap optimis teringat kutipan pendapat dari Safarina (2016) yang mengatakan bahwa " Optimisme merupakan suatu Keyakinan tentang segala yang terjadi saat ini merupakan hal baik yang akan memberikan harapan dimasa depan sesuai dengan yang kita inginkan" Dengan demikian dapat dimaknai bahwa optimisme menjadi pemicu semangat  agar dapat meraih sesuatu yang diinginkan. Disamping kita senantiasa berdoa  dalam memulai aktivitas  yang dikerjakan.

Kepentingan tetap optimis  dimaksudkan untuk menghindari sikap atau kebiasaan berkeluh kesah  terhadap hal yang dihadapi, sementara tindakan untuk melakukannya belum dimulai, maka keluh kesah tidak dapat menyelesaikan masalah,lebih baik apapun aktivitas senantiasa optimis nantinya akan berhasil. Maka menurut Murdoko dan Prasetyo (2005) mengatakan " Ciri-ciri orang yang memiliki Optimisme 1).Memiliki Visi pribadi dalam hidup,2).Bertindak secara Kongrit,3).Berpikir secara realistis,4).Menjalin hubungan Sosial,5). Berpikir Proakrif dan 6).Berani melakukan Trial and Error". Dengan demikian untuk menghadapi perkembangan dan tantangan akibat perubahan bagaimanapun kita selalu optimis dan senantiasa bersemangat dengan harapan kesuksesan nantinya berhasil diraih...