AD/ART || ORGANISASI

Selasa, 13 September 2022

Penulis: Drs.Sofyan, M.Si (Dosen Tetap STIE Mahaputra Riau)

Bagi organisasi yang berada ditengah-tengah Masyarakat, apakah yang bersifat Sosial Kemasyarakatan,profesi ataupun organisasi lainnya keperluan dari Adanya Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah tangga menjadi hal mutlak dimiliki organisasi  disamping ada legalitas lainnya yang diakui pemerintah terhadap organisasi tersebut.

Bagi Organisasi  Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga disetujui dan disepakati bersama melalui  tahapan proses dan mekanisme yang telah ditetapkan, sebab pada prinsipnya suatu AD dan ART dapat saja dilakukan perubahan dan revisi sesuai dengan tuntutan dan kepentingan organisasi  sepanjang proses sampai pengesahan sesuai aturan yang disepakati bersama dari anggota organisasi, sehingga nantinya menjadi dasar dan pedoman  dalam memberikan penilaian kesalahan ataupun pelanggaran yang dilakukan organisasi dalam melaksanakan aktivitasnya, AD/ART  menjadi pedoman bagi seluruh anggota organisasi, baik dalam kapasitas pengurus pada tingkatannya dan juga anggota keseluruhannya.

Di dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah tangga didalamnya termaktup berbagai aspek dan hakekat serta filosofi organisasi  yang nantinya  tertuang dalam Bab,Pasal  dan Ayat  yang kesemuanya saling berkaitan satu sama lainnya, atau merupakan satu kesatuan yang saling mengikat satu sama lainnya.

Namun demikian untuk implementasikan berbagai aktivitas organisasi, bilamana kurang  dipahami bersama kadang kala dikemudian hari dapat menjadi pemicu pertikaian atau perselisihan pendapat dan pandangan diantara anggota organisasi.

Agar Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga  menjadi pedoman dalam dalam organisasi diperlukan upaya mensosialisasikannya pada seluruh tingkatan organisasi agar pemahaman terhadap tujuan dan fungsi organisasi sebagaimana tertera dalam AD/ART dipahami bersama, begitu pula dari sisi hak dan kewajiban anggota organisasi. Untuk itu memahami AD/ART menjadi pedoman dan rujukan dalam berorganisasi sebagaimana harapab awal pembentukannya....