Bupati Inhu Hadiri Rapat Paripurna APBD Perubahan

Kamis, 29 September 2022

INHU, PANTAUNEWS.CO.ID - Bupati Inhu Rezita Meylani Yopi SE menghadiri Pengambilan Keputusan Ranperda APBD Perubahan Tahun 2022 di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kab Inhu, Kamis (29/9).

Rapat yang dibuka oleh Wakil Ketua II DPRD Inhu, Suwardi Ritonga dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kab. Inhu, Hendrizal; Pejabat dan Kepala OPD di lingkungan Pemkab Inhu, Ketua DPRD Inhu, Elda Suhanura dan 32 orang Anggota DPRD Inhu.

Pada kesempatan ini, laporan hasil badan anggaran dengan tim anggaran pemerintah daerah disampaikan oleh Ade Chandra selaku perwakilan badan anggaran menjabarkan seluruh rincian anggaran hasil rancangan perda tentang APBD Perubahan Tahun Anggaran 2022 dan dinyatakan disetujui.

"Hasil tersebut kita dapatkan setelah melalui rapat badan anggaran DPRD Inhu melalui Pokja 1 dan Pokja 2 bersama tim anggaran pemerintah daerah beberapa waktu lalu," ungkap Arief.

Dalam sambutan Bupati Indragiri hulu, Rezita Meylani menyampaikan terimakasih dan apresiasi kepada semua pihak yang telah bekerja maksimal dalam merumuskan berbagai kebijakan pembangunan.

"Perubahan APBD Tahun Anggaran 2022 tetap mengacu pada nota kesepakatan mengenai kebijakan umum perubahan APBD Tahun Anggaran 2022 dan nota kesepakatan prioritas plafon anggaran sementara.Dengan demikian, perubahan anggaran ini hanya berupa penyesuaian terhadap estimasi penerimaan daerah dan tentunya berimbas pada penyesuaian terhadap alokasi belanja pada kegiatan-kegiatan tertentu serta penganggaran beberapa kegiatan dan program baru yang tidak dapat diakomodir pada anggaran murni tahun 2022, dikarenakan keterbatasan pembiayaan," jelas Rezita.

Beliau juga mengatakan, Pemerintah Kab. Inhu terus menggesa kegiatan strategis terutama peningkatan infrastruktur pelayanan dasar, seperti alokasi anggaran pendidikan dan kesehatan.

Pemerintah tetap fokus dan konsisten memenuhi setiap tahunnya bahkan telah melampaui alokasi anggaran minimal sebagaimana yang diamanatkan oleh peraturan dan perundang-undangan yang berlaku.

Implikasi dari pembangunan yang kita lakukan selama ini bisa kita lihat dari membaiknya beberapa indikator makro ekonomi Kabupaten Inhu. 

Terakhir, Rezita berharap dengan disetujuinya APBD Perubahan Tahun Anggaran 2022 seluruh pihak baik dari OPD maupun masyarakat dapat bersama-sama mendukung pelaksanaan pembangunan yang telah direncanakan agar manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat di Kabupaten Inhu. (stone)