EVALUASI ORGANISASI

Senin, 19 September 2022

Penulis: Drs.Sofyan, M.Si (Dosen Tetap STIE Mahaputra Riau)

Dewasa ini tidak dapat dimungkiri Organisasi berupaya menjadi organisasi yang efektif  yakni organisasi  berhasil mencapai tujuan nya, yang salah satu indikator efektivitas suatu organisasi bilamana tercapainya Visi dan Misi organisasi.

Untuk  mewujudkan efektivitas organisasi  tuntutan terhadap pengelolaan segenap sumber daya yang dimiliki harus dilakukan dengan  efektif  dan efesien. Sebab untuk pencapaian visi dan misi organisasi harus di implementasikan dalam bentuk  perencanaan, baik jangka pendek,menengah, dan jangka panjang. Yang tak kalah pentingnya adalah program tindakan aksi atas  perencanaan itu sendiri  yang  diikuti dengan pelaksanaan fungsi pengawasan.

Bilamana organisasi dalam kurun waktu tertentu  belum berhasil menjadi organisasi yang efektif , maka salah satu upaya  yang dapat dilakukan manajemen  organisasi  adalah  melakukan Evaluasi  atas berbagai pekerjaan yang dilakukan organisasi. Sebab kegiatan evaluasi lebih berorientasi pada melihat,mempelajari dan mencari solusi atas ketidak berhasilan mewujudkan efektivitas organisasi, dan diharapkan evaluasi memberikan rekomendasi bagi organisasi kedepannya.

S.Martin dan Firman B Aji  dalam bukunya  Perencanaan dan Evaluasi  dalam suatu sistem Proyek Pembangunan mengatakan " Evaluasi adalah sebagai salah satu  fungsi dari manajemen yang berusaha untuk mengetahui  efektivitas dan efesien hasil pelaksanaan  dari sebuah rencana dan mengukur seobjektif mungkin dari hasil pelaksanaan dengan ukuran dapat diterima pihak yang mendukung  maupun yang tidak mendukung dari suatu Perencanaan"

Dari pandangan diatas memberikan gambaran bahwa pendekatan evaluasi berkaitan dengan perencanaan yang diputuskan sebelumnya. Maka dikatakan lebih lanjut Evaluasi dilakukan dengan jenis Evaluasi Proses perencanaan  yang memperhatikan aspek skala prioritas, evaluasi pelaksanaan dalam aspek tingkat pencapaian dan evaluasi purna pelaksanaan dengan aspek perbandingan antara hasil pelaksanaan dengan perencanaan itu sendiri.

Melalui evaluasi organisasi dalam upaya efektivitas organisasi merupakan suatu kegiatan yang biasa dan wajar dalam manajemen organisasi...