Fenomena || Berorganisasi

Senin, 12 September 2022

Penulis: Drs.Sofyan, M.Si (Dosen Tetap STIE Mahaputra Riau)

Semangat dan keinginan untuk membentuk organisasi yang bersifat sosial kemasyarakat yang dengan tujuan menjalin silaturahmi  yang selama ini jarang dilakukan dan malahan terputus sama sakali disebabkan berbagai hal yang menyebabkanya ingin dirajut kembali telah disepakati bersama.
Untuk merealisasikan keinginan tersebut telah dilakukan melalui berbagai tahapan dan proses sebagaimana suatu organisasi   awal dibentuk dan berakhir pada mendapatkan pengesahan atas keberadaan organisasi.

Sebagai organisasi yang baru dibentuk telah menjadi kelaziman akan melaksanakan  yang namanya acara seremonial yakni berupa Pelantikan Kepengurusan  dengan berbagai agenda kegiatan  dalam upaya mensosialisasikan eksistensi atas keberadaan Organisasi.

Kesepakatan bersama telah diputuskan dan dibentuk kepanitiaan agar   agenda tersebut dapat terlaksana sebagaimana harapan bersama.
Dalam perjalanan waktu ternyata berbagai persoalan timbul dan menjadi kendala untuk mewujudkan agenda seremonial tersebut, dimana  apapun kegiatan   pada akhirnya berkaitan dengan persoalan bagaimana menghimpun dana ? Apa yang akan dilakukan serta siapa sasaran danatur  yang diharapkan memberikan Bantuan ? Sementara disatu sisi konsep perencanaan telah matang disusun dan dibahas. Ternyata realitanya  banyak fenomena  yang perlu dihadapi dan dicari solusi agar tujuan dapat diwujudkan,  Sebab menurut Rangkuti (2011 : 36) mengatakan " Fenomena adalah suatu fakta sosial yang terjadi dilapangan". 

Semangat untuk  mewujudkan agenda pelantikan untuk memperkenalkan eksistensi organisasi yang baru terbentuk  salah satu harapakan besar     dalam menghimbau dan mengajak anggota organisasi  untuk.berpartisipasi atau turut serta membantu  fenomena yang dihadapi, dimana harapan partisipasi bukan lagi dalam bentuk Pemikiran, tenaga, namun dalam bentuk Dana atau uang.yang menjadi hambatan untuk melaksanakan agenda tersebut.  Sehingga konsepnya lebih mengarah  dari kita untuk kita, dan berat sama dipikul ringan sama dijinjing.

Bagaimanapun juga kendala  sumber pembiayaan sangat penting, tetap semangat kebersamaan untuk mewujudkan harapan, fenomena yang terjadi mari dicari solusinya  dengan tindakan nyata dalam bentuk berpartisipasi seluruh anggota organisasi....