HUMAS || CITRA ORGANISASI

Kamis, 22 September 2022

Penulis: Drs.Sofyan, M.Si (Dosen Tetap STIE Mahaputra Riau)

Eksistensi keberadaan dan berbagai aktivitas Organisasi saat ini, organisasi biasanya membentuk bidang/devisi Hubungan Masyarakat (Humas) yang memiliki peran dan tugas serta fungsinya untuk  menginformasikan kepada publik  berbagai hal yang berkaitan dengan aktivitas organisasi sehingga diketahui dan dipahami publik.

Agar tujuan dibentuknya Bidang/Devisi Humas  sesuai dengan harapan organisasi diperlukan adanya Sumber Daya Manusia (SDM) yang tepat menduduki posisi tersebut,sebab yang dibutuhkan adalah SDM yang memiliki kemampuan dan keterampilan  dalam berkomunikasi dengan publik serta kemampuan menyampaikan informasi yang mudah dimengerti dan dipahami masyarakat atau  publik.

Keberadaan Humas yang organisasi diperlukan disamping menjadi pihak yang berkomunikasi dan menyampaikan informasi kepada masyarakat (Publik) juga akan dapat pula memberikan citra organisasi itu sendiri dengan berbagai aktivitas yang dilaksanakan organisasi.

Dalam kaitan pentingnya Humas dalam organisasi, menurut Frida Kusumastuti yang dikurip Yusmawati (2017 : 3 ) Mengatakan "Humas adalah aktivitas Komunikasi Dua arah dengan Publik (Perusahaan/Organisasi) yang bertujuan untuk menumbuhkan saling pengertian,saling percaya dan saling membantu/Kerjasama"

Dari konsep diatas menunjukan keberadaan Humas dalam peran dan tugas serta fungsinya melalui mengkomunikasikan berbagai aktivitas organisasi diharapkan masyarakat dan mengetahui dan memahami serta memungkinkan pula untuk saling bekerja sama  agar eksistensi Organisasi dapat tumbuh dan berkembang   ditengah masyatakat.

Dalam kaitan keberhasilan Humas  untuk meningkatkan Citra Organisasi,tak terlepas dari pengertian Citra itu sendiri. Menurut Frank Jefkins yang dikutip Soemirat dan Adrianto (2007 : 114) "Citra adalah kesan seseorang  atau individu tentang sesuatu  yang muncul  sebagai hasil dari pengetahuan dan Pengalaman"

Dengan demikian keberhasilan Humas melaksanakan perannya melalui berkomunikasi ditengah masyarakat berdampak pada      keberadaan organisasi dan masyarakat dapat menerima dan memahami aktivitas organisasi tersebut.

Untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan dalam organisasi terdapat seorang praktisi Humas dalam bidang komunikasi yang mampu :" 1) menganalisis dan mengevaluasi perilaku publik,2).Mempertemukan, dan 3).Mengevaluasi program organisasi yang berkaitan dengan kepentingan Publik" sebagaimana dikatakan Gassing dan Suryanto (2016 : 127) dalam bukunya  Public Relations.

Melalui keberadaan Humas dalam organisasi nantinya diharapkan dapat menjadi media organisasi dan publik ditengah masyarakat, dengan harapan nantinya membawa hubungan yang saling menghargai dan harmonis di tengah kehidupan masyarakat....