PENGELOLAAN ANGGARAN

Sabtu, 24 September 2022

Penulis: Drs.Sofyan, M.Si (Dosen Tetap STIE Mahaputra Riau)

Keterbatasan sumber daya modal dalam melaksanakan perencanaan dan program kerja organisasi diperlukan adanya perbagai pertimbangan dan kebijakan dalam.penyusunan Anggaran dengan tujuan agar ketersediaan dana dapat direalisasikan sesuai dengan rencana kerja yang telah ditetapkan organisasi.

Persoalan keterbatasan sumber dana 

Persoalan keterbatasan dana atau modal organisasi  baik publik maupun bisnis diperlukan      Sumber Daya Manusia yang memahami dan mampu didalam menyusun rencana anggaran yang efektif dan efesien  dengan harapan nantinya dapat diwujudkan tujuan organisasi itu sendiri.

Menurut M. Nafarin (2007: 11) mengatakan " secara umum anggaran adalah suatu rencana kuantitatif (Suatu Jumlah) yang telah ditentukan berdasarkan anggaran yang disyahkan. Anggaran(Budjet)merupakan anggaran tertulis kegiatan organisasi yang dinyatakan secara kuantitatif untuk jangka waktu tertentu dan dinyatakan dalam bentuk uang,tetapi dapat juga dalam bentuk barang/jasa"

Melalui konsep anggaran tersebut dapat dikatakan dalam penyusunan diperlukan pemikiran yang matang dalam hal kesimbangan antara anggaran yang tersedia dengan program kerja yang akan dilaksanakan, dalam arti dihindari terjadinya defisit anggaran atau kekurangan anggaran  yang dapat terganggu program kerja organisasi.

Agar berbagai program kerja organisasi  terlaksana perlu melakukan penyusunan anggaran yang efesien dan efektif  melalui berbagai aspek  mempertimbangankannya.