SARJANA || TUGAS AKHIR

Jumat, 02 September 2022

Penulis: Drs.Sofyan, M.Si (Dosen Tetap STIE Mahaputra Riau)

Salah satu fenomena yang dihadapi kalangan mahasiswa diperguruan tinggi  dalam menyelesaikan studi  dan meraih Gelar Sarjana biasanya terkendala pada membuat karya ilmiah  dalam bentuk Skripsi  sebagai suatu bentuk laporan dari hasil penelitian yang telah dilakukan Mahasiswa, berbagai bekal ilmu pengetahuan tentang penelitian  telah diberikan secara teoritis pada proses pembelajarannya.

Namun dalam realitanya keterlambatan waktu penyelesaian masih pada persoalan kewajiban meneliti sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar sarjana. Kadang-kadang agak susah mencari dimana akar masalah tersebut , pada hal berbagai panduan telah diberikan mulai dari buku petunjuk mengajuan judul penelitian, proses bimbingan, pengetahuan melakukan penelitian, memang meneliti lebih mengarah kepada implementasi pada pelaksanaan dari pada sekedar  pemahaman teori bagaimana meneliti.

Akan tetapi kebiasaan membaca dan menulis dapat dijadikan modal awal untuk memulai memikirkan rencana penelitian yang akan dilakukan. Untuk itu diperlukan pengetahuan dari makna penelitian itu sendiri. Menurut DR.Sandu Siyoto yang dikutip oleh Silvi Purnia dan Tuti Alawiyah dalam buku Metode Penelitian dan Strategi menyusun tugas Akhir, mengatakan " Penelitian adalah suatu penyelidikan terorganisir atau penyelidikan yang hati-hati dan kritis dalam mencari fakta untuk menentukan sesuatu. Penelitian terjemahan dari kata Research berasal dari bahasa Inggris,yang terdiri dari dua kata, yaitu Re yang berarti Kembali dan to search yang berarti mencari.penelitian adalah mencari kembali suatu Pengetahuan"

Dilihat dari hakekat penelitian itu sendiri, untuk dapat melakukan penelitian  diperlukan suatu sikap rasa ingin tahu terhadap sesuatu hal, dimana hal ini dapat diwujudkan melalui banyak melihat,bertanya,membaca, banyak bertanya. Sebab dalam kehidupan banyak berbagai peristiwa yang terjadi, apalagi pada lingkungan masyarakat yang biasanya menjadi objek yang dapat dilakukan penelitian.

Sebab penelitian itu sendiri banyak jenis dan ragamnya.namun yang jelas persoalan penelitian yang perlu dipikirkan adalah apa masalah yang ingin diteliti, bukan apa judul penelitian, mengapa demikian ? Biasanya mengawali penelitian adalah mencari masalah yang menarik bagi peneliti, sebab secara sederhana masalah adalah kesenjangan antara harapan dengan kenyataan.

Untuk menemukan harapan calon peneliti perlu melakukan study pustaka untuk.menemukan teori-teori yang dapat menyelesaikan masalah yang nantinya akan dibuktikan kebenarannya. Untuk itu diperlukan kesiapan diri terutama waktu,tenaga dan biaya serta kemampuan dan kemauan. tak kalah pentingnya timbulkan semangat dan buat target untuk selesai studi  dan meraih gelar sarjana yang dicita-citakan pada awal kuliah di Perguruan tinggi pilihannya....