Sempena HUT TNI ke-77, Dandim 0302/Inhu Buka Turnamen Catur

Sabtu, 24 September 2022

INHU, PANTAUNEWS.CO.ID - Sempena Hari Ulang Tahun (HUT) TNI ke-77 tahun 2022, Dandim 0302/Inhu Letkol Kav Dani Prasetyo Wibowo membuka secara resmi turnamen catur.

Open turnamen olahraga catur bagi masyarakat Riau umumnya dan khususnya Kabupaten Inhu itu dilaksanakan di Cafe Shafira di Kelurahan Pematangreba, Kecamatan Rengat Barat, Sabtu (24/9).

Sedikitnya seratusan orang atlit catur yang telah mendaftar dan siap bertanding yang berasal dari berbagai daerah diwilayah Provinsi Riau dan di Kabupaten Inhu, baik tua dan muda.

Dalam sambutannya, Dandim menyampaikan, sejak dilanda pandemi covid19 dalam kurun waktu dua tahun terakhir ini semua kegiatan menyambut HUT TNI vakum. Maka pada tahun ini baru dapat dilaksanakan.

"Mari bersama kita bangkit. Dengan harapan perekonomian kita juga ikut bangkit, umumnya perekonomian Indonesia," kata Dandim.

Dandim ingin semua kegiatan (even) yang sudah dan sedang dilaksanakan pada hari ini dapat berjalan sesuai dengan harapan.

"Kegiatan ini kita laksanakan untuk mempererat tali silahturahmi antara kelyarga besar Kodim 0302/Inhu dengan masyarakat," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Open Turnamen Catur Kapten HB Sitepu kepada awak media menuturkan, bahwa para atlit catur yang ikut bertanding berasal dari beberapa kabupaten/kota di Provinsi Riau, yakni Pekanbaru, Kuantan Singingi, Indragiri Hilir, Pelalawan, Kota Dumai dan (tuan rumah) Indragiri Hulu.

"Kegiatan ini terlaksana berkat kerjasama dengan Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Percasi) Inhu. Kebetulan Sekretaris Percasi Inhu Syamsir Alam hadir dalam pembukaan ini," terang Sitepu.

Jika turnamen ini sukses, lanjut Sitepu, maka akan digelar even yang lebih besar lagi pada even yang akan datang.

"Secara umum akan lebih besar lagi kita buat. Jika perlu dan memungkinkan kearah tingkat nasional, insya allah kita siap," tegasnya.

Dalam daripada itu, Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi Percasi Riau M Sudirman menambahkan, even ini merupakan sejarah di Provinsi Riau dengan memperebutkan hadiah utama senilai Rp5 juta.

Syamsir Alam menimpali, ada 10 daerah kabupaten/kota di Provinsi Riau yang ikut andil dalam turnamen ini. Dari jumlah itu terdapat atlit catur senior dan junior.

Untuk diketahui, hadiah yang diperebutkan dan even ini, khusus untuk atlit senior, untuk juara satu Rp5 juta, juara dua Rp3 juta, juara tiga Rp1,5 juta dan seterusnya hadiah sampai juara 10.

Untuk klasifikasi atlit junior, juara satu Rp1 juta, juara dua Rp500 ribu, juara tiga Rp300 ribu, juara empat Rp200 ribu dan juara lima Rp100 ribu. (stone)