Situs "MAKAM JAUH" Pelalawan Dirusak OTK, GP ANSOR Bergerak Cepat Merawat Peninggalan Sejarah

Ahad, 18 September 2022

PANTAUNEWS.CO.ID, PELALAWAN - Situs bersejarah Makam Jauh Pelalawan yang terletak di tepi Sungai Hulu Bandar Pelalawan ditemukan dalam keadaan rusak pada Kamis 14/9/2022

Kerusakan terjadi di dua makam keramat yaitu makam Sayyid Syarif Abdurrahman bin Usman Assegaf (Raja pertama Pelalawan dari kalangan Habaib) dan makam Sayyid Mustafa Afandi Al Khalidi bin Muhammad Baqir.

Kerusakan ini pertama kali diketahui oleh Tengku Darma Putra tokoh  masyarakat Pelalawan yang juga pegawai pada Dinas Perkebunan dan Peternakan Kab. Pelalawan.

" Ketika saya lewat komplek pemakaman untuk mencari rumput buat pakan ternak hari rabu masih baik-baik saja, namun ketika lewat lagi esok harinya tepatnya hari Kamis pagi, kok udah pada tumbang semua batu nisan makamnya" Begitu kesaksian bang Tengku Darma.

Sampai saat ini belum diketahui siapa yang melakukan perusakan dan apa motifnya. Pihak pemerintah melalui Camat Pelalawan dan pihak keluarga (ahlul bait) menyerahkan sepenuhnya soal perusakan ini kepada pihak yang berwenang.

Menyikapi kejadian perusakan makam keramat dan bersejarah di Pelalawan ini dengan gerak cepat, Gerakan Pemuda Ansor Pelalawan menginisiasi perbaikan makam.

"Kami sebagai anak-anak muda Nahdlatul Ulama punya tugas merawat peninggalan leluhur kami pendiri kerajaan Pelalawan, apalagi di sana bersemayan Raja dan Ulama yang telah berjasa mendakwahkan ajaran Islam di tanah Melayu ini. Hidup di bumi yang aman damai bi barkah para Auliya wa dzurriyat Nabi. Kalau kita tidak mau sungkem dan ziyarahi beliau, jadilah kita orang yang tidak tau berterimakasih dan dan Su'ul adab.
??? ??? ??????? ?????   ? ?? ???? ????? ??????
Keluarga Nabi terpilih (Muhammad) yang disucikan. Mereka penjamin keamanan Negeri, maka ingatlah (mereka)"
demikian disampaikan Sahabat Ali Zaenal Arifin, ketua PC Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Pelalawan.

"Perbaikan yang kita lakukan hanya sebatas mengembalikan/memposisikan Batu Nisan makam yang dirusak orang tak dikenal (OTK) ke tempatnya semula. Kegiatan ini kita laksanakan tentu setelah melalui konsultasi dengan ahlul bait maupun dengan pihak pemerintahan setempat yaitu Camat Pelalawan", tambah Kang Ali, sapaan akrab ketua PC GP Ansor Pelalawan.

Kegiatan perbaikan dilakukan secara gotong royong pada hari Minggu tanggal 17 September 2022 oleh kader-kader Ansor dan Banser, para pendekar silat PSHT, bahkan dihadiri langsung oleh Camat Pelalawan dan Kabag Kesra Setda Pelalawan Amri Juharza, S.Kom selaku ahlul bait. Empat buah Batu Nisan yang telah bergeser akibat ulah OTK diletakkan kembali ke posisinya semula dan dikuatkan pemasangannya dengan membuat dudukan semen yang permanen.

40 orang yang hadir kompak berpartisipasi dalam kegiatan perbaikan makam sehingga selesai hanya dalam waktu sekitar 2 jam saja. Setelah itu dilanjutkan dengan kegiatan Tahlil, Doa dan diakhiri dengan makan bersama di komplek makam.

Amri Juharza selaku pihak ahlul bait menyampaikan terima kasih kepada GP Ansor, Banser, Pendekar PSHT serta seluruh pihak yang terlibat dlm perbaikan makam. "Semoga ini menjadi berkah dan amal jariyah, dan semoga kejadian ini tidak terulang lagi, aamiin", pungkasnya.(Helmy )