SOSIAL MAPPING || PARTISIPASI MASYARAKAT

Selasa, 27 September 2022

Penulis: Drs.Sofyan, M.Si (Dosen Tetap STIE Mahaputra Riau)

Kata Partisipasi atau keikut sertaan masyarakat dalam berbagai kegiatan  pembangunan diperlukan, dengan harapan nantinya masyarakat terlibat dalam proses perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan serta sekaligus dapat memanfaatkan hasil pembangunan itu sendiri.

Namun ada hal yang terlupakan apakah pembangunan yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhkan dan keinginan masyarakat ? Sebab pada hakekatnya dalam proses perencanaan itu sendiri  masyarakat hanya bersifat mengusulkan  sementara proses keputusan usulan juga terdapat proses dan mekanismenya. Sehingga kadang kala realisasinya kurang sesuai dengan harapan masyarakat.

Dalam pelaksanaan  perencanaan berbagai  program pembangunan agar sesuai dengan harapan masyarakat, salah satu upaya   adalah dengan melakukan Sosial Mapping atau Pemetaan sosial, dengan tujuan agar dapat diketahui persoalan dan keinginan dari masyarakat dalam satu wilayah.

Social Mapping Menurut Robert Chamber (1992) adalah " Proses mengumpulkan dan menggambarkankan (Profilling) data dan informasi,termasuk potensi,kebutuhan dan permasalahan (Sosial,Teknis dan Kelembagaan) masyarakat"

Dalam konsep sosial mapping atau pemetaan sosial diharapkan akan dapat diperoleh berbagai hal yang dibutuhkan masyarakat,dengan harapan nantinya berbagai  perencanaan yang akan disusun dapat tepat tujuan dan sasaran.

Adanya kegiatan awal dalam suatu perencanaan  melalui sosial mapping  nantinya akan memudahkan mengharapkan partisipasi dengan perspektif apa yang direncanakan sesuai dengan keinginan kebutuhan masyarakat.

Menumbuh.kembangkan peran serta masyarakat atau   berpartisipasi juga sesuai dengan pendapat Syamsuddin Adam yang dikutip Prasetya (2008 : 54) bahwa " Partisipasi adalah keterlibatan seseorang dalam situasi, baik secara mental,pikiran dan emosi dan perasaan yang mendorongnya untuk memberikan sumbangan dalam usaha mencapai tujuan yang telah ditentukan dan ikut bertanggung jawab terhadap kegiatan mencapai tujuan tersebut"

Dengan demikian dapat dikatakan bahwa melalui sosial mapping  menjadi dalam penyusunan perencanaan pembangunan  akan dapat mengajak masyarakat untuk berpartisipasi didalamnya.

Apalagi saat ini terdapat adanya program Corporate Social Responsibility (CSR) yang merupakan tindakan dan tanggung jawab dunia usaha atau industri  terhadap lingkungan masyarakat dimana dunia usaha atau industri tersebut melalukan aktivitasnya, agar tepat tujuan dan sasaran  dengan  berbagai programnya dirasa perlu melaksanakan sosial mapping  agar masyarakat merasakan manfaat atas keberadaan dunia usaha dan  industri tersebut dilingkungan masyarakat, dengan harapan program yang direncanakan menimbulkan partisipasi atau keikut sertaan masyarakat nantinya.....