Berorganisasi || Kebutuhan dan Kepentingan?

Selasa, 04 Oktober 2022

Penulis: Drs.Sofyan, M.Si (Dosen Tetap STIE Mahaputra Riau)

Perbincangan  dan berdiskusi  tentang  organisasi senantiasa menjadi topik yang menarik, hal ini tidak terlepas dari adanya manusia  dalam beraktivitas di organisasi.

Namun kadang-kadang  ditengah masyarakat  terdapat beraneka bentuk organisasi dengan tujuan yang beragam pula, dengan demikian dapat dikatakan dalam  kehidupan manusia tidak terlepas  dari organisasi.

Pada realitanya ada pula terlihat  plang nama organisasi  ada sementara aktivitas organisasi tidak terlihat nyata ditengah kehidupan masyarakat.

Dalam perbincangan  tentang organisasi  ada juga berpandangan bahwa dalam berorganisasi terdapat perbendaan yang tipis antara  kebutuhan dan kepentingan dengan berbagai argumentasinya. Pada hal dua kosa kata tersebut memiliki makna yang berbeda  bila ditusuri dalam perspektif     berorganisasi.

Ketertarikan mencermati  kebutuhan dan kepentingan  dalam berorganisasi  teringat pandangan teori Maslow yang dikutip dalam buku Psycologi Industri & Organisasi karangan Sutarto Wijoyo (2010 : 28-31) yang mengatakan " Tingkat kebutuhan  menurut Tingkat Kepentingan adalah : 1).Kebutuhan Fisiologis,2).Kebutuhan Keamanan,3).Kebutuhan Sosial,4).Kebutuhan Harga diri,5).Kebutuhan Aktualisasi Diri "
Dilihat dari tingkat kebutuhan  tersebut  menunjukkan bahwa memang banyak macam  kebutuhan manusia  ada yang bersifat materil  dan non materil  dan diperlukan dalam kehidupan.

Disatu sisi untuk menperoleh hal tersebut jelas didalamnya ada unsur kepentingan yang ingin diraih, sehingga dalam kebutuhan terdapat pula kepentingan dalam berbagai dimensinya.

Untuk mewujudkan kebutuhan dan kepentingan  rasanya diperlukan mengikuti dan memahami norma-norma,nilai-nilai yang telah ditetapkan dalam organisasi. 

Sementara kalau dilihat pada organisasi yang bersifat sosial kebutuhan yang bersifat materil bukanlah tujuan dan lebih mengedepannya  kebutuhan bersifat materil.

Dengan pada organisasi yang bersifat sosial  diperlukan pemahaman maksud,tujuan dan fungsi organisasi sosial terlebih dahulu,dengan harapan dapat memenuhi kebutuhan berorganisasi yang lebih diutamakan....