BKAD Kunto Darussalam Taja Pelatihan Peningkatan Kewirausahaan Karang Taruna

Kamis, 20 Oktober 2022

KUNTO DARUSSALAM, PANTAUNEWS.CO.ID - Badan Kerjasama Antar Desa ( BKAD ) Kecamatan Kunto Darussalam lakukan terobosan - terobosan baru diberbagai bidang dipenghujung tahun 2022 ini. Baru dua pekan lalu melakukan kegiatan penyuluhan hukum pada lingkungan perangkat desa sekecamatan Kunto Darussalam di desa Kota Raya, hari ini BKAD taja Pelatihan Peningkatan Kewira Usahaan melibatkan 5 personil Karang Taruna setiap desa dari sembilan desa sekecamatan Kunto Darussalam.

Hal ini dituturkan Kades Pasir Luhur Sulaiman sebagai ketua BKAD Kunto Darussalam didampingi Kades Kota Raya Agus dan Kades Muara Dilam Zulfikar saat wawancara dengan awak Media di Ruang Pelayanan Kantor Desa Sei Kuti, Rabu 19/10/2022 siang.

Hadir pada kegiatan pelatihan ini antara lain Sekretaris Karang Taruna Propinsi Riau Rayan Pribadi SH, Said Martawi dari Dinas PMD CUKCAPIL propindi Riau, Taryani S.Pi dati UPT Budidaya Perikanan propinsi Riau, Ubaedillah S.P dari  Balai Pelatihan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigradi.propinsi Riau, Camat Kunto Darussalam Ruslan S.Sos, Bhabinkamtibmas Hendra Wahyudi,Kades sekecamatan Kunto Darussalam, Pengurus BKAD Kunto Darussalam dan sekitar lima puluh orang peserta pelatihan dari utusan Karang Taruna sekecamatan Kunto Darussalam. 

Ketua BKAD Kunto Darussalam Sulaiman memaparkan, pihaknya sangat mengapresiasi Bantuan Keuangan Khusus ( BKK ) propinsi Riau beberapa tahun belakangan ini, sehingga BKAD Kunto akan terus berbenah dan memanfaatkan semaksimal mungkin setiap peluang usaha untuk meningkatkan kwalitas pencapaian wira usaha di desa-desa, baik dari sisi sumber daya manusia maupun dari hasil usaha perorangan atau Bumdes.

"kali ini kegiatan pelatihan Kewira Usahaan kami laksanakan di desa Sei Kuti, Alhamdulillah 99% tingkat kehadiran peserta dari sembilan desa, satu orang peserta tidak bisa hadur karena keluargnya sakit", rincinya.

Sulaiman berharap, pada tahun 2023 pemerintah juga terus menggelontorkan program BKK , sehingga pihaknya bisa melanjutkan program pelatihan-pelatihan yang masih sangat dibutuhkan Karang Taruna untuk mencetak pemuda- pemudi desa menjadi pengusaha handal.

" Pelatihan kali ini orientasi  peningkatan kewira usahaan sumberdaya manusia desa dan fokus pada Karang Taruna Desa,  cetusnya.

Lanjut Sulaiman, saat ini peluang usaha dibidang perikanan sangat potensial untuk dikembangkan di daerahnya, dan kami juga terus menggali potensi- potensi dibidang lain, imbuhnya.

Saat yang sama, Kades Kota Raya Agus menambahkan, selain usaha bidang perikanan, potensi usaha lain seperti wira usaha bidang dagang juga cukup cemerlang dikembangkan didesanya, sehingga pihaknya sangat mendukung program pelatihan dari BKK, timpanya.

Kades Muara Dilam Zulfikar pada kesempatan yang sama juga menjelaskan, dibutuhkan terobosan- terobosan baru dan inovasi baru untuk mengubah pola pikir masyarakat dari usaha tradisional ke era tehnologi digital saat ini, maka sangat dibutuhkan dukungan pemerintah melanjutkan program pelatihan kewira usahaan ini, tuturnya berharap. (Das)